OFI Lepas Liarkan Orangutan

0
313
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Orangutan Foundation International (OFI), salah satu lembaga nirlaba internasional yang pendiriannya didedikasikan untuk melestarikan orangutan dan habitat alaminya di hutan hujan tropis, bekerja sama dengan Golden Agri-Resources (GAR)/PT SMART Tbk,hari ini (28/7) melepasliarkan dua individu orangutan bernama Poco dan Rich, kembali ke alam liar hutan di Seruyan, Kalimantan Tengah.

Pelepasliaran ini menggaris-bawahi pentingnya dukungan sektor swasta pada spesies yang terancam punah ini. International Union for the Convention of Nature (IUCN) belum lama ini merilis status konservasi terbaru, dimana status orangutan berubah dari “endangered” menjadi “critically endangered” – hanya satu tingkat saja di bawah status punah (extinct).

PT SMART TBK (SMART), anak perusahaan dari Golden Agri Resources (GAR), memulai menjalin kemitraan jangka panjang dengan Orangutan Foundation International (OFI) di awal tahun 2011 lalu dengan membantu melepasliarkan 40 orangutan ke habitat alami mereka di Hutan Seruyan, Kalimantan dan membantu menyediakan perawatan bagi kesejahteraan 320 Orangutan di Pusat Perawatan OFI (Orangutan, Care Center & Quarantine) di Pasir Panjang dekat Pangkalan Bun. Pada tahun 2014, kerjasama GAR/PT SMART dengan OFI untuk konservasi orangutan diperpanjang untuk tiga tahun untuk mendukung pelepasliaran 60 individu orangutan lainnya ke habitat alami mereka. (Pam)
Pelepasliaran Orang Utan-Noveradika-1

LEAVE A REPLY