Kebijakan Eksplorasi Mempunyai Peran yang Strategis

0
247
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Penurunan produksi migas saat ini tidak hanya diakibatkan oleh penurunan aktivitas pemboran sebagai dampak penurunan harga minyak, namun juga oleh semakin tuanya lapangan migas yang ada. Upaya peningkatan produksi migas tidak terlepas dari upaya penemuan cadangan migas. Untuk peningkatan produksi diperlukan penambahan cadangan terbukti, yang hanya akan didapat dari kegiatan eksplorasi. Oleh karena itu diperlukan akselerasi kegiatan penemuan cadangan guna mencapai target peningkatan produksi. Hal Ini menunjukkan bahwa kebijakan eksplorasi mempunyai peran yang strategis.

“Minyak bumi produksi 700 ribu bph. Kerja sama eksplorasi laut. Saya sebagai Menko Maritim mendorong ini dan jadi plt Menteri ESDM harus jalan dan genjot produksi,” kata Plt Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Luhut Binsar Pandjaitan dalam Acara Focus Group Discussion (FGD) Konsorsium Riset Migas Kelautan di Universitas Indonesia, Rabu (7/9).

Lebih lanjut Luhut menyampaikan “Masa amdal tiga tahun. Padahal perusahaan minyak itu diregulasi. Makanya inpex saya minta tiga tahun, POD delapan bulan. Kamu semua harus pakai TKDN lokal konten. Costrec kita 13 miliar dolar. Pejabat kita senang impor. Sepanjang saya berkuasa tidak bisa. Karena dapat ini,” tegasnya.

Selain itu, “Saya bicara Chevron menyangkut Cepu. Saya tanya potensi di laut dalam itu besar. Memang cost besar. Kalau dry hole tidak dapat apa-apa. Makanya insentif diperlukan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi, Pemerintah saat ini sedang merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010 Tentang Biaya Operasi Yang Dapat Dikembalikan Dan Perlakuan Pajak Penghasilan Di Bidang Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi yang ditargetkan selesai hari Jumat (9/9) mendatang yang selanjutnya akan diserahkan ke Presiden. Penghapusan pajak-pajak, pemberian insentif dan pola bagi hasil yang fleksible merupakan beberapa perubahan dari PP tersebut.

“Sekarang saya mau eksplorasi berjalan, dengan melibatkan banyak pihak dalam satu tim untuk bersama mengerjakan ini dan kalau kita lakukan ini semua inshaa Allah kita akan berhasil,” ujar. (Pam)

LEAVE A REPLY