PLN Raih Dua Penghargaan IHCS 2016

0
1076
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – PLN meraih dua penghargaan dari Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2016, yaitu dalam kategori Best Reward Management Initiative dan Best Employee Engagement. Keberhasilan PLN meraih kedua penghargaan tersebut dilandasi kinerja berkualitas yang ditunjukkan PLN dalam pengelolaan human capital atau Sumber Daya Manusia (SDM). Penghargaan diterima oleh Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dalam acara Indonesian Human Capital Study 2016 di Balai Kartini, Jakarta.

Penghargaan ini merupakan hasil penilaian dari pihak lain yang menganggap PLN sudah memiliki kinerja baik dalam mengelola dan mengembangkan SDM. “Kami menyampaikan terima kasih (kepada pihak penyelenggara), karena apa yang sudah dilakukan selama ini ternyata dinilai bagus oleh pihak lain. Semoga hal ini dapat menjadi sebuah momentum dan dapat di-sharing ke yang lain. Diharapkan masing-masing perusahaan bisa menggunakan contoh ini, sehingga akan menjadi lebih baik nantinya,” ungkap Ali.

Dalam kesempatan yang sama, Ali juga tampil sebagai pembicara dalam sesi “Sharing of Human Capital Initiatives”. Dalam paparannya, Ali menegaskan bahwa PLN telah melaksanakan proses pengelolaan human capital sejak perekrutan karyawan baru. Hal itu diimplementasikan dengan menggunakan tes adaptif, sehingga dapat memperoleh calon karyawan yang benar-benar sesuai kebutuhan PLN.

Terdapat tiga hal, jelas Ali, yang menjadikan pengelolaan human capital PLN telah mumpuni, yaitu inisiatif, reward dan engagement. Sejak seseorang diterima menjadi karyawan baru PLN, dia akan diberi pendidikan melalui knowledge management. Seluruh pegawai PLN dapat berdiskusi langsung dengan para expert di PLN untuk bertanya hal-hal yang belum diketahuinya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan inisiatif mereka dalam bekerja.

Setelah mempunyai ilmu yang cukup banyak, para pegawai PLN harus berani berinovasi dalam pekerjaannya, sehingga dapat mengikuti perlombaan Karya Inovasi atau yang disebut juga Science & Technology Olympiad (STO) yang diadakan setahun sekali. Di sisi lain, pegawai PLN juga tidak hanya bekerja dan berinovasi saja, melainkan juga berinteraksi dengan kehidupan sosial di sekitarnya lewat program CSR.

“Untuk employee engagement, yang kita utamakan adalah dalam bidang inovasi, jadi teman-teman di PLN merasa bangga menjadi pegawai di PLN, karena di sana ada satu forum yang memberikan wadah untuk selalu berinovasi di pekerjaannya masing-masing. Perlu diingat, salah satu cara memperbaiki kinerja perusahaan adalah melalui inovasi,” papar Ali.

Mengenai reward terhadap pegawainya, PLN menerjemahkannya melalui kesempatan bagi seluruh pegawai PLN untuk berkembang melalui tiga jalur karir yakni struktural, fungsional dan expert. Disisi lain, penghasilan yang diberikan di PLN sudah disesuaikan berdasarkan jalur karir tersebut.

Ajang IHCS pada tahun 2016 ini merupakan yang ketujuh kalinya digelar. Ajang tersebut merupakan studi human capital paling komperehensif di Indonesia yang diselenggarakan oleh Dunamis Human Capital dan Majalah Business News Indonesia.

IHCS melakukan studi terhadap Human Capital Management System (HCMS) untuk mengukur tingkat keselarasan dan keefektifan hal tersebut di dalam sebuah perusahaan. Proses studi dan sharing dalam IHCS 2016 telah dilangsungkan selama lima bulan, sejak April hingga Agustus 2016.

Ajang ini sangat penting bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan bisnis ke depan, terutama untuk mempersiapkan human capital yang berdaya saing global menuju era transformasi digital.

LEAVE A REPLY