Medco Siap Garap Blok Migas PSC South Natuna Sea Block B

0
750
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melakukan penandatanganan perjanjian jual beli dengan perusahaan ConocoPhillips. Penandatanganan ini sebagai bentuk untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc Ltd (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte Ltd (CSOP).

CIIL adalah operator dari 40% hak partisipasi blok migas PSC South Natuna Sea Block B dan operator dari West Natuna Transportation System. Sedangkan CSOP mengoperasikan Onshore Receiving Facility di Singapura.

CEO Medco Energi Internasional Roberto Lorato menyatakan, infrastruktur West Natuna beserta jaringan pipa gas Malaysia akan terus memegang peran penting dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas yang ada. Infrastruktur ini juga menunjang aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal IV-2016.

“Setelah efektif, akuisisi ini akan memberikan tambahan cadangan minyak dan gas yang signifikan dan menambahkan produksi tahunan perseroan lebih dari 35%,” katanya dalam keterangan pers, Senin (19/9).

Roberto mengimbuhkan transaksi ini secara langsung dapat memberikan peningkatan pendapatan. Hal lainnya, perseroan mengakuisisi Blok B South Natuna memiliki infrastruktur dan skala operasional yang bertaraf dunia.

“Kami berharap dapat mengintegrasikan aset-aset penting ini ke dalam portofolio hulu Medco Energi,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan, sebagai perusahaan minyak dan gas swasta nasional, perseroan terus mencari kesempatan untuk terus meningkatkan kontribusi Medco Energi terhadap perekonomian Indonesia.

“Transaksi ini akan memperkuat kehadiran Medco Energi di Indonesia dan meningkatkan kemampuan hulu minyak dan gas perseroan melalui integrasi operasi lepas pantai kelas dunia,” jelasnya. (Pam)

LEAVE A REPLY