Alarm Cerdas Peringatan Dini Banjir Sudah Saatnya Dipasang

0
338
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Rangkaian bencana banjir yang menerpa beberapa daerah telah menjadi bukti bahwa kita membutuhkan sistem peringatan dini akan bencana banjir. Belum hilang rasanya dari ingatan akan kejadian banjir di Kemang, Jakarta Selatan yang menyebabkan kerugian puluhan milyar Rupiah, bencana banjir yang lebih dahsyat kembali melanda Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Garut Kota, pekan lalu. Bencana ini bahkan menyebabkan puluhan jiwa meninggal dunia dan ratusan rumah terendam banjir.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, seperti disampaikan oleh Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC), Tri Handoko Seto menuturkan bahwa bencana banjir memerlukan penanganan yang lebih mumpuni. “Utamanya, kita sangat membutuhkan sistem peringatan dini bencana banjir,” tegas Seto melalui pesan singkatnya, (26/9).

BPPT sebut Seto, sudah mengembangkan model prediksi hujan dengan cukup baik, melalui teknologi modifikasi cuaca yang salah satu fungsinya untuk mengurangi curah hujan. Untuk itu Seto menyebut bahwa rangkaian bencana banjir ini, harus menjadi momen bagi semua institusi untuk bersama-sama membangun sebuah sistem cerdas peringatan dini bencana banjir dan longsor.

Seto yang juga menjadi Ketua Pokja Cuaca Ekstrim Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI),mengungkap bahwa beberapa institusi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki sistem peringatan dini yang diterapkan di beberapa daerah. Kemudian, lanjut Seto, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki banyak data banjir.

“Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral memiliki peta rawan longsor. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga melakukan studi kerawanan longsor. Saat ini masing-masing institusi telah memasang peralatan semacam ini dalam jumlah yang tidak signifikan dan kurang saling koordinasi. Sehingga secara nasional tidak banyak memberikan kontribusi. Butuh sinergi agar tercipta sistem peringatan dini nasional bencana banjir yang terpadu,” papar Seto.

Sistem cerdas peringatan dini banjir, tutur Seto harus segera disusun dengan cepat dengan melibatkan semua lembaga yang telah disebutkan di atas. Secara rinci Seto menguraikan langkah untuk mewujudkan sistem cerdas itu adalah sebagai berikut:

1. Kita buat pusat data, informasi, prediksi, dan operasi yang dilengkapi dengan peralatan canggih dan sistem komputasi berkecepatan tinggi.

2. Setiap pagi dilakukan running secara otomatis model prediksi hujan di Indonesia untuk 24 jam ke depan. Agar cukup detil, untuk wilayah Indonesia dibagi menjadi sekitar 6 wilayah. Ini dilakukan secara otomatis.

3. Jika ada daerah yang diperkirakan akan terjadi hujan tinggi dalam 24 jam ke depan maka akan muncul peringatan dini. Ini juga bisa dilakukan secara otomatis.

4. Deteksi peringatan dini tersebut diteruskan ke daerah secara otomatis melalui aplikasi pesan instan dan atau surat elektronik kepada pemangku kepentingan di daerah terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), agar daerah secara intensif memantau perkembangan cuaca menggunakan data satelit yang update per 10 menit plus data radar BMKG yang near real time.

5. Pemerintah Daerah menyampaikan kepada masyarakat akan sistem distribusi informasi peringatan dini bencana banjir ke masyarakat.

Lebih jauh lagi, kata Seto informasi prediksi hujan ini harus dipadukan dengan peta rawan banjir dan atau rawan longsor. Juga informasi prediksi tinggi gelombang untuk daerah-daerah yang rawan banjir rob. “Namun sebagai langkah awal, sangat penting dan segera bagi kita untuk memiliki sistem nasional peringatan dini bencana banjir,” jelasnya

LEAVE A REPLY