Trakindo Mengedepankan Budaya Inovasi untuk Tingkatkan Nilai Tambah

0
395
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, berkomitmen mengedepankan budaya inovasi dalam kegiatan operasionalnya untuk terus memberikan layanan berkelas dunia dan menawarkan nilai tambah bagi pelanggan. Melalui inovasi, pelanggan memperoleh peningkatan efisiensi dan produktivitas yang dapat memacu daya saing mereka. Untuk mendukung tujuan tersebut, Trakindo melakukan berbagai program dengan harapan menjadikan inovasi sebagai budaya dalam perusahaan.

Utoyo S. Nurtanio, Chief Innovation Officer, PT Trakindo Utama, mengatakan, “Sejalan dengan nilai-nilai Perusahaan, inovasi secara berkelanjutan memiliki peranan penting di Trakindo untuk mendukung kemajuan pelanggan. Trakindo senantiasa mendorong inovasi para karyawan yang berupa penemuan atau penyempurnaan alat-alat bantu kerja, inovasi pada produk yang sudah ada, inovasi dalam proses kerja, serta inovasi terkait sistem dan teknologi. Solusi-solusi inovatif tersebut diharapkan dapat meningkatkan keunggulan dan daya saing pelanggan kami.”

Agus Wicaksono, Ketua iCIO Community (Perkumpulan Chief Information Officer di Indonesia), menjelaskan, “Setiap negara membutuhkan inovasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih baik. Tentunya masih terdapat tantangan dalam perkembangan inovasi di Indonesia, mencermati Global Innovation Index 2016 yang menempatkan Indonesia pada urutan 88. Namun, saya optimistis kita bisa mengembangkan ekosistem inovasi yang lebih baik, bertumpu pada sumber daya manusia Indonesia yang kreatif dan memanfaatkan potensi market yang terbuka luas. Inovasi dengan basis teknologi digital saat ini tumbuh dengan pesat di berbagai sektor. iCIO Community ikut berkontribusi dan memberikan dukungan terhadap gerakan 1,000 startup digital yang dicanangkan pemerintah saat ini. Kami ingin dapat menjembatani antara kecepatan inovasi dengan infrastruktur dan regulasi. Besar harapan kami seluruh pemangku kepentingan dapat bersatu padu menggabungkan kekuatan dalam memajukan inovasi di tanah air.”

“Kami melihat inovasi bukanlah suatu pilihan, melainkan sesuatu yang harus dilakukan. Bila perusahaan tidak melakukan inovasi secara berkesinambungan, maka perusahaan tersebut dapat tidak berkembang atau tertinggal dalam persaingan pasar. Inovasi perlu diimplementasikan dengan keberanian untuk mengambil risiko dengan mempersiapkan mitigasinya. Budaya inovasi memerlukan dukungan penuh dari semua lini manajemen, dimulai dengan komitmen dari manajemen puncak, organisasi yang mendukung kolaborasi antar bagian, serta budaya yang memfasilitasi kreativitas dan keterbukaan. Di Indonesia banyak terdapat beragam inovasi yang telah diwujudkan untuk menciptakan pasar baru ataupun semakin memperkokoh pasar yang sudah ada. Kami berharap ke depannya pertumbuhan inovasi akan semakin meningkat untuk Indonesia yang lebih maju,” kata Prihadiyanto, Managing Director, Accenture Indonesia (konsultan manajemen dan teknologi).

Trakindo percaya bahwa inovasi dimulai dari keterbukaan terhadap ide-ide baru. Adapun inovasi dapat berupa solusi sederhana hingga inisiatif besar yang diciptakan untuk mendukung kemajuan. Di Trakindo terdapat Divisi Inovasi yang mendorong terciptanya inovasi dan membangkitkan semangat inovasi karyawan. Proses terbentuknya inovasi di Trakindo dimulai dari terbentuknya ide-ide hingga perwujudan nyata konsep inovasi tersebut.

“Ide inovasi dapat berasal dari siapa saja dan dari tingkat manapun, baik dari posisi bawah, menengah maupun jajaran eksekutif. Karyawan Trakindo didorong untuk selalu berpikir kreatif dan berusaha menyebarkan virus inovasi kepada karyawan yang lain. Jajaran eksekutif puncak Trakindo sepenuhnya mendukung budaya inovasi dan memberikan contoh positif kepada seluruh pemangku kepentingan di Perusahaan untuk terus berinovasi,” tambah Utoyo.

Sebagai wadah bagi karyawan Trakindo dengan ide dan pemikiran inovatif, Trakindo menyelenggarakan program Innovation Day sejak tahun 2013 yang bertujuan menumbuhkan budaya inovasi dan berbagi berbagai solusi inovatif untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan. Beragam inovasi tersebut telah memberikan manfaat signifikan bagi para pelanggan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas.

Lebih jauh, Trakindo ingin budaya inovasi berjalan secara berkelanjutan. Salah satu usaha mewujudkannya, pada kompetisi keterampilan yang digelar bagi teknisi Trakindo (Trakindo Servicemen Award Program) dan bagi peserta didik jurusan Teknik Alat Berat di SMK juga Politeknik (Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat), peserta tak hanya menampilkan keahlian yang dimiliki tapi juga diajak untuk berpikir kreatif menghadirkan solusi inovatif dalam menjalankan aktivitasnya. (Pam)

LEAVE A REPLY