Edukasi si Lintar: Listrik Bisa Jadi Kawan dan Bisa juga Jadi Lawan

0
419
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – PT PLN (Persero) Unit Distribusi Jakarta Raya melaksanakan kegiatan “Edukasi Kelistrikan Usia Sekolah Sahabat si Lintar” di Sekolah Dasar Negeri 01 Menteng (SD Obama), Jl. Besuki, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016). Edukasi Si Lintar (Lincah dan Pintar): Sahabat Kita Kini dan Masa Depan, baru pertama kali dilaksanakan di SDN 01 Menteng. Dan, menurut rencana edukasi Si Lintar ini akan terus dilakukan ke SD yang lain di wilayah Jakarta.

“Si Lintar ini memang bagian dari program yang dijalankan PLN, khususnya PLN Disjaya dalam rangka mengedukasi kepada anak-anak memberi pemahaman akan listrik sejak dini. Dengan cara ini akan lebih mengena dan langgeng karena sejak dini sudahdiberikan pemahaman tentang listrik, baik manfaat dan bahayanya,” jelas General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda, kepada wartawan.

General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda (foto: Pam)
General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda (foto: Pam)

Edukasi diberikan sejak dini dirasa penting karena kalau tidak nanti saat dewasa dikhawatirkan cara penggunaan listrik tidak bijak, lanjut Huda. “Bisa mulai dari yang membahayakan sampai dengan cara pemakaian yang tidak semestinya. Misalnya, pemakaian listrik di siang hari. Itukan tidak pada tempatnya. Itu berangkat dari pemahaman yang salah akan listrik. Harapannya dengan edukasi mendapatkan listrik melalui proses yang panjang, maka anak-anak diharapkan bisa berlaku bijak dengan listrik, berhemat misalnya,” kata Huda.

Jadi, sekarag banyak pemakaian listrik yang tidak pada semestinya itu, berangkat dari pemahaman listrik yang salah. “Subsidi listrik yang tidak tepat sasaran itu juga berangkat dari pemahaman yang tidak tepat terhadap listrik. Dianggapnya listrik itu mahal sekali. Jika sudah dijelaskan mengenai listrik, mengenai manfaat listrik 1 Kwh seperti apa, maka diharapkan anak-anak mempunyai pemahaman tentang listrik. Itu akan bagus sekali jika sudah dikenalkan sejak dini, sehingga mereka bisa menggunakan listrik secara baik. Listrik bisa menjadi kawan, bisa juga menjadi lawan,” papar Huda.

Edukasi si Lintar ini akan dilanjutkan di SD lain di area Jakarta. Memang mulainya dari SD 01 Menteng. Acara ini memang terprogram dan merupakan salah satu program dari bagian kehumasan PLN Disjaya, yang sasarannya anak-anak. Program ini juga akan dievaluasi apakah memberikan manfaat atau tidak. (Pam)

LEAVE A REPLY