Teknologi DYNAVIS® Membawa PT Pertamina Lubricants Ke Level Efisiensi Baru Bagi Industri Pertambangan Indonesia

0
510
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Teknologi DYNAVIS® oleh Evonik Industries mengoptimalkan viskositas (kekentalan) cairan hidrolik yang terbukti meningkatkan penghematan pada cairan hidrolik bagi industri pertambangan. Pada pameran perdagangan dua tahunan Mining & Engineering Indonesia tahun ini yang dibuka hari ini, Rabu (19/10/2016), Evonik Industries memperkenalkan teknologi DYNAVIS® dan menunjukkan bagaimana teknologi ini dapat membawa level efisiensi baru pada cairan hidrolik bagi industri pertambangan bersama dengan pemegang lisensi baru, yaitu PT Pertamina Lubricants. PT Pertamina Lubricants sebagai pemain utama industri otomotif dan pelumas di Indonesia menawarkan cairan hidrolik yang diformulasikan dengan teknologi DYNAVIS® melalui TURALIK HE Series.

Indonesia adalah negara ternama dengan kelimpahan sumber daya alam sehingga pertambangan merupakan industri penting bagi Indonesia. Industri pertambangan batubara memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi Indonesia; pada saat yang sama, peningkatan penghematan operasional telah menduduki puncak agenda industri selama bertahun-tahun. Pada pameran perdagangan dua tahunan Mining & Engineering Indonesia tahun ini, Evonik Industries akan meluncurkan teknologi DYNAVIS® dan menunjukkan bagaimana teknologi ini dapat membawa level efisiensi baru pada cairan hidrolik bagi industri pertambangan bersama dengan pemegang lisensi baru, yaitu PT Pertamina Lubricants.

Menjangkau Efisiensi ke tingkat yang baru

Teknologi DYNAVIS® oleh Evonik mengoptimalkan viskositas (kekentalan) cairan hidrolik. Berikut ini cara kerjanya: seperti kebanyakan oli, oli hidrolik kehilangan tingkat viskositas pada suhu tinggi. Dalam keadaan ini, cairan hidrolik mentrasfer lebih sedikit energi hidrolik melalui sistem cairan hidrolik karena terjadinya panas dan ketebalannya menipis. Akibatnya, terjadi peningkatan “kebocoran internal” dan berkurangnya tingkat efisiensi dibandingkan dengan arah aliran yang diiginkan.

(Kiri-Kanan) Rolf Fianke – Global Marketing Manager DYNAVIS®, DR. Achmad Zen – Technical Expert Evonik Industries, Kamaludin – Managing Director PT Evonik Indonesia, dan Carlos Vernet – Marketing Manager DYNAVIS® Asia-Pasifik, di depan booth DYNAVIS® pada acara Mining & Engineering Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran dari tanggal 19 Oktober 2016 hingga 21 Oktober 2016.
(Kiri-Kanan) Rolf Fianke – Global Marketing Manager DYNAVIS®, DR. Achmad Zen – Technical Expert Evonik Industries, Kamaludin – Managing Director PT Evonik Indonesia, dan Carlos Vernet – Marketing Manager DYNAVIS® Asia-Pasifik, di depan booth DYNAVIS® pada acara Mining & Engineering Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran dari tanggal 19 Oktober 2016 hingga 21 Oktober 2016.

Sebaliknya, dengan menggunakan cairan yang diformulasikan dengan teknologi DYNAVIS®, kebocoran internal dapat terkurangi dan sistem cairan hidrolik mempertahankan efisiensinya, bahkan pada suhu yang sangat tinggi. Sedangkan pada suhu dingin yang ekstrim, oli menjadi semakin kental dan semakin sulit dipompa. Hasilnya, sistem hidrolik mengkonsumsi lebih banyak energi, terutama melalui penggerak pompa. Dalam hal ini juga, cairan yang diformulasikan dengan teknologi DYNAVIS® mengurangi konsumsi energi pada pompa.

Komitmen penghematan energi dalam menanggapi kebutuhan pelanggan

PT Pertamina Lubricants sebagai pemain utama industri otomotif dan pelumas di Indonesia menawarkan cairan hidrolik yang diformulasikan dengan teknologi DYNAVIS® melalui TURALIK HE Series.

“Penghematan energi dan pengurangan emisi telah menjadi prioritas utama dalam memformulasikan produk pelumas kami. Kami berbagi visi ini dengan Evonik. Mengingat kinerja teknologi DYNAVIS® oleh Evonik sudah teruji, kami sepakat untuk bergabung, memberikan kontribusi dalam penghematan energi dan pengurangan emisi, terutama di sektor industri,” ungkap Andria Nusa, Sales & Marketing Director, PT Pertamina Lubricants.

Dengan kombinasi base oil premium dan aditif yang tepat, TURALIK HE Series telah membuktikan mampu memberikan produktivitas peralatan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi pompa dan bahan bakar, dan memperpanjang masa pakai peralatan. Pada saat yang sama, TURALIK HE memungkinkan lebih panjangnya interval pengurasan oli karena stabilitas termalnya meminimalkan kerusakan oli, penebalan oli dan pengendapan atau pembentukan lumpur.

“Kami sangat optimis dengan peluang pasar TURALIK HE. Pelumas Pertamina berkomitmen penuh untuk bekerja dengan pelanggan dan Produsen Peralatan Asli (Original Equipment Manufacturer/OEM) kami melalui unit lapangan dukungan teknis untuk uji coba produk dan evaluasi kinerja. Ini merupakan langkah nyata ke depan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di sektor industri,” tambah Andria.

Teknologi DYNAVIS® yang mengoptimalkan viskositas cairan hidrolik saat ini tersedia di delapan pemegang lisensi teknologi DYNAVIS® global. “Cakupan global memungkinkan respon cepat terhadap kebutuhan pelanggan,” jelas Carlos Vernet, Marketing Manager DYNAVIS®, Asia-Pasifik. ” Logo DYNAVIS® akan mudah ditemukan dengan jelas pada wadah produk pemegang lisensi,” pungkasnya. (Pam)

LEAVE A REPLY