Pembangunan PLB Mengarah ke Timur Indonesia

0
211
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Cita-cita pemerintah menjadikan Indonesia hub logistik Asia Pasifik melalui Pusat Logistik Berikat (PLB) mengalami perkembangan positif. Pengusaha PLB mulai membuka pusat logistik di bagian timur Indonesia.

Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) sebagai wadah pengusaha PLB melihat bahwa pembangunan PLB saat ini mengarah ke luar pulau Jawa terutama bagian timur Indonesia. “Pendirian PLB di luar area pualu Jawa merupakan komitmen dari para pengusaha PLB untuk menjadikan Indonesia sebagai hub logistik Asia Pasifik dan mendukung pembangunan industri-industri strategis di seluruh Indonesia. Indonesia timur merupakan target berikutnya bagi pengusaha PLB”, demikian disampaikan oleh Ety Puspitasari Ketua Umum PPLBI di acara pembukaan Jakarta International Logistics Summit & Expo (JILSE) di Hall A JI-Expo Kemayoran Jakarta (19/10).

Pengusaha PLB melihat potensi daerah timur cukup menjanjikan dan cita-cita menjadikan hub logistik Asia Pasifik bukan hal yang mustahil. Ditemui pada saat yang sama Presiden Direktur CKB Logistics Iman Sjafei mengatakan bahwa CKB Logistics telah membuka PLB di Balikpapan Kalimantan Timur. “Baru saja diresmikan dan sudah ada 5 unit alat berat yang masuk PLB di Balikpapan yang dipindahkan customer kami dari Singapura.” CKB Logistics juga saat ini sedang menjajaki industri strategis lain untuk mendukung program pemerintah seperti industri mesin dan transportasi, industri kimia, industri makanan dan minuman, dan industri elektronik.

CKB Logistics merupakan salah satu dari 11 perusahaan yang ditunjuk menjadi pengelola PLB di tahap I karena memiliki kesiapan dan rekam jejak yang sangat baik, selain didukung dengan teknologi terkini di bidang inventori pergudangan, perusahaan juga bersertifikasi AEO (Authorized Economic Operator) yakni sertifikasi yang menyatakan bahwa perusahaan telah memenuhi standar keamanan, sistem manajemen dan kepatutan serta kepatuhan di pasar logistik internasional.

Pusat Logistik Berikat merupakan salah satu dari sekian kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II di bulan September 2015 lalu. Keberadaan PLB sangat diperlukan bagi pebisnis tanah air dan juga mancanegara dalam menunjang penyimpanan barang impor dan ekspor di Indonesia. Langkah yang dibangun pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai hub logistik Asia Pasifik.

CKB Logistics merupakan anak perusahaan ABM Investama, Tbk dan telah melayani sejumlah perusahaan-perusahaan terkemuka di sektor energi dengan jangkauan layananan yang cukup luas, yakni sejumlah lebih dari 35 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik di Sumatera, Jawa, Kalimatan dan juga bagian timur Indonesia seperti Sulawesi, Ternate, Ambon, dan Papua.

LEAVE A REPLY