PLN PEDULI BANGUN MCK DAN SAMBUNG LISTRIK GRATIS UNTUK MASYARAKAT PULAU PRAMUKA

0
360
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: Pam

Pulau Pramuka, www.geoenergi.co.id – Pemberian Bantuan Pembuatan MCK dan Sambung Listrik Gratis merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial serta kepedulian PT PLN (Persero) kepada masyarakat yang dikemas dalam suatu program ”PLN Peduli” yang juga bersinergi dengan program dari Kementerian BUMN, yaitu ”BUMN Hadir untuk Negeri”.

Dalam Pemberian Bantuan Pembuatan MCK dan Sambung Listrik Gratis ini, Kabupaten penerima bantuan telah ditentukan oleh Kementerian BUMN. Dan, untuk kali ini yang medapat bantuan adalah Pulau Pramuka di Kabupaten Pulau Seribu. Pulau Pramuka masuk dalam wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya, karena itu program ini dilaksanakan di wilayah Kepulauan Seribu.

foto: pam
foto: pam

“Program Pemberian Bantuan MCK merupakan bentuk kepedulian PLN dan Kementerian BUMN untuk dapat memberikan akses sanitasi yang baik kepada masyarakat yang kurang mampu.  Total bantuan pembuatan MCK yang diterima oleh Kabupaten adaIah senilai Rp.500.000.000,00 (Iima ratus juta rupiah) yang akan diwujudkan dalam bantuan pembuatan MCK di 50 titik di wilayah tersebut,” tegas General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda, saat memberi bantuan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (9/11/2016).

Masyarakat  ataupun institusi yang ada di wilayah Kabupaten penerima juga dapat mengajukan permohonan pembuatan MCK.

“Kami, sebagai pelaksana teknis di Iapangan, akan melakukan survei kelayakan dan evaluasi persetujuan program.  Termasuk Program Sambung Listrik Gratis yang dilaksanakan ini  supaya masyarakat yang kurang mampu untuk dapat merasakan manfaat Iistrik,” jelas Huda.

Lanjut Huda, “Total bantuan program Sambung Listrik Gratis yang diterima oleh Kabupaten adaIah senilai Rp 150.000.000,00 (seratus Iima puluh juta rupiah) yang akan diberikan kepada setidaknya 100 kepala keluarga warga miskin yang belum teraliri Iistrik. “

Warga miskin yang berhak mendapatkan bantuan ini merupakan warga yang masuk ke dalam Basis Data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (BDT TNPZK) atau yang mendapatkan rekomendasi dari Bupati/Walikota setempat sebagai warga tidak mampu yang berhak menerima bantuan program ini.

“Masyarakat yang mendapatkan program akan mendapatkan akses listrik dengan daya 450 VA.  Lokasi sasaran penerima program ini merupakan Iokasi yang siap sambung dan tidak memeriukan perluasan Jaringan Tegangan Menengah maupun Jaringan Tegangan Rendah baru,” katanya.

Pelaksanaan Pemberian Bantuan Pembuatan MCK dan Sambung Listrik Gratis ini tentu akan berjalan dengan lancar apabila didukung oleh seluruh elemen yang ada di masyarakat, termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Seribu.  Program-program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat serta membangun kedekatan dan hubungan yang positif antara PLN dengan masyarakat. (Pam)

LEAVE A REPLY