Tim Bumi Siliwangi Akan Kunjungi Markas Ferrari

0
332
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: shell

www.geoenergi.co.id – Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung akan segera bertolak ke markas Ferrari di kota Maranello, Italia pada 4-9 Desember mendatang. Tim yang terdiri dari sepuluh anggota tersebut akan belajar mengenai seluk beluk pembuatan mobil balap Ferrari dan berkesempatan menguji-coba mobil baterai elektrik terbarunya di sirkuit milik Ferrari, Fiorano Circuit. Kunjungan Tim Bumi Siliwangi ke markas Ferrari ini merupakan hadiah kemenangan mereka di ajang balap mobil hemat dan cepat Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship (SEM DWC) di London Juli lalu.

Sepuluh orang anggota tim Bumi Siliwangi berikut mobil baterai elektrik terbaru buatannya akan berada di kota Maranello, Italia 4 – 9 Desember 2016. Kunjungan ke markas Ferrari di Italia ini merupakan hadiah utama yang diperoleh Tim Bumi Siliwangi atas kemenangan mereka sebagai Juara Pertama di ajang kompetisi mobil paling cepat dan paling hemat energi Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship (SEM DWC) di London, 03 Juli 2016 lalu.

Selama di markas Ferrari, Tim Bumi Siliwangi akan melakukan kunjungan ke Red Campus sebuah ruang kelas yang didedikasikan khusus untuk kegiatan workshop teknik, pemasaran dan pengembangan tim di Museo Ferrari (Museum Ferrari). Selain itu, tim juga akan mendengarkan paparan mengenai proses pembuatan mobil Ferrari oleh Tim Scuderia Ferrari Formula 1 Team, mengunjungi pabrik Ferrari dan mendapatkan penjelasan mengenai kerjasama teknis antara Ferrari dan Shell. Dalam kesempatan itu, tim juga berkesempatan menguji mobil baterai elektrik terbaru mereka di lintasan balap Fiorano Circuit milik Ferarri.

Make The Future London 2016
Make The Future London 2016

Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia mengatakan, ”Kami ikut senang dan bangga atas apresiasi yang diberikan oleh Ferrari kepada tim Bumi Siliwangi. Mereka telah menunjukkan kemampuan dalam memberikan alternatif solusi energi masa depan. Kampanye ‘Make the Future’ yang kami luncurkan tahun ini memang bertujuan untuk mendorong kreatifitas dan inovasi anak-anak muda di seluruh dunia, termasuk di Indonesia untuk berupaya bersama-sama menjawab tantangan energi masa depan.”

Sementara Norman Koch, Direktur Teknis Shell Eco-marathon berharap melalui pengalaman dan pengetahuan yang didapat di Italia ini Tim Bumi Siliwangi akan mampu menciptakan mobil yang lebih baik untuk SEM Asia 2017 mendatang yang akan berlangsung di Singapura.

Amin Sobirin, Tim Manager Bumi Siliwangi mengatakan, ”Hadiah yang kami terima ini sangat membanggakan. Kami tentunya sangat bersemangat untuk berangkat ke Italia dan mengunjungi markas Ferrari. Kami akan memanfaatkan kesempatan langka dan berharga ini untuk banyak menggali pengetahuan mengenai bagaimana memadukan keindahan, kecepatan dan sekaligus efisiensi untuk sebuah mobil masa depan. Harapan kami, apa yang akan kami dapat di Italia nanti dapat bermanfaat untuk rancangan mobil kami selanjutnya.”

Lebih jauh Amin menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sebuah mobil baru untuk dibawa ke Italia nanti. Mobil yang diberi nama Turangga Cheta Ev4 ini merupakan mobil generasi baru buatan Tim Bumi Siliwangi yang memiliki desain rangka dan bodi baru yang berbeda dengan mobil generasi sebelumnya Turangga Cheta Ev3. Mobil baru ini memiliki bobot lebih ringan yaitu hanya 80 kilogram (Kg) saja dibandingkan Turangga Cheta Ev3 yang bobotnya mencapai 100 Kg. Bodi mobil generasi baru ini lebih ringan karena terbuat dari material Full composite. “Dengan bodi yang lebih ringan kami harapkan mobil ini mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan mobil generasi sebelumnya yang mencapai jarak 78 km/kWh.”, ujar Amin.

Sebelum dibawa ke Maranello, Italia, Turangga Cheta Ev4 juga telah diuji coba di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Yogyakarta pada awal November 2016 lalu. Amin mengatakan, “Kami harapkan di Italia nanti mobil ini dapat melaju lebih cepat dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi atau meningkat dari yang sudah dicapai oleh mobil sebelumnya di SEM Asia 2016.” Kita doakan agar mobil ini dapat memberi kejutan pada tim Scuderia Ferrari dan memberikan kebanggaan bagi Indonesia. (Pam)

LEAVE A REPLY