TANGGAPAN GEMPABUMI DI DAERAH PIDIE JAYA, ACEH, TANGGAL 7 DESEMBER 2016*

0
289
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

I. Informasi Gempabumi
Gempabumi terjadi pada hari Rabu tanggal 7 Desember 2016, pukul  05:03:36 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempabumi terletak di darat pada koordinat 5,19° LU dan 96,38° BT, dengan magnitudo 6,4 SR pada kedalaman 10 Km, berjarak 35,8 Km, barat kota Bireun, dan 51,1 km tenggara Kota Sigli.

II. Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempabumi

Goncangan gempabumi melanda daerah Bireun, Sigli dan pesisir Aceh bagian utara dan timur. Daerah tersebut diisusun oleh batuan berumur Kuarter, dan batuan sedimen berumur Tersier. Sebagian batuan Tersier telah mengalami pelapukan. Goncangan gempabumi akan terasa kuat pada batuan  Kuarter dan batuan Tersier  yang telah mengalami pelapukan, karena bersifat urai, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek goncangan, sehingga rentan terhadap goncangan gempa bumi. 

III. Dampak gempabumi

Hingga tanggapan ini dibuat dilaporkan beberapa bangunan mengalami kerusakan. Goncangan gempabumi diperkirakan pada skala V-VI MMI

IV. Penyebab gempabumi

Berdasarkan posisi pusat gempabumi dan kedalamannya, kejadian gempabumi ini disebabkan aktivitas sesar aktif di daerah Samalanga. Berdasarkan informasi dari GFZ mekanisme sesar tersebut berarah timur laut – barat daya.

V. Rekomendasi

• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.

• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.

• Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena  pusat gempa bumi terletak di darat.

*Tim Tanggap Darurat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi – Badan Geologi Kementeriam ESDM  akan segera diberangkatkan ke lokasi*

Ego Syahrial
Badan Geologi

LEAVE A REPLY