Distribusi BBM dan LPG di Aceh Pasca Gempa Tetap Normal

0
257
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: ist

Medan, www.geoenergi.co.id – Pascagempa berkekuatan 6,5 SR yang melanda Pidie Jaya, Aceh, tidak mengganggu operasional Pertamina di wilayah tersebut. Seluruh fasilitas Pertamina tidak mengalami kerusakan, dan operasional berjalan normal, Rabu (7/12/2016).

Di Aceh Pertamina memiliki lima Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dan satu Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU). Pengecekan segera dilakukan setelah guncangan gempa, dan tidak ditemukan kerusakan di seluruh fasilitas tersebut, yakni di TBBM Sabang, Lhokseumawe, Meulaboh, Krueng Raya dan Simeulue serta DPPU Sultan Iskandar Muda.

Hasil pendataan sementara di Pidie Jaya, ada tiga SPBU di wilayah itu yang terdampak gempa yaitu SPBU 14.241.413, 14.241.469 dan 14.241.483. Saat ini ketiga SPBU tersebut ditutup untuk dilakukan pengecekan aspek safety sebelum dapat dioperasikan kembali. Pengecekan menyeluruh dilakukan untuk memastikan SPBU dalam keadaan baik saat dioperasikan.

Terkait dengan pasokan BBM di wilayah Aceh dan sekitarnya, saat ini BBM tersedia dalam jumlah yang cukup. Premium sebanyak 6.447 kiloliter (kl) dan Solar sebanyak 11.024 kiloliter. LPG juga tersedia dalam jumlah yang cukup dan pasokan akan terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pertamina telah menyiapkan 1 (satu) unit mobil tangki mobile yang dilengkapi flowmeter untuk pelayanan BBM ke masyarakat sambil menunggu kelayakan operasional dari sisi safety untuk 3 SPBU yang berdampak Gempa. Pelayanan BBM juga tetap dilakukan di dekat lokasi bencana, yaitu di 14.241.406 di Pidie dan 14.241.444 Bireuen sebagai back up. (Pam)

LEAVE A REPLY