Penghargaan Pengelolaan Bidang K3L2 Panas Bumi dan Aplikasi Panas BumiBerbasis Online

0
220
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Penghargaan Pengelolaan Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan (K3L2) Panas Bumi Tahun 2015 dan Peluncuran Aplikasi Berbasis Online Panas Bumi pada hari Kamis (15/12) di Kuta, Bali.

Penghargaan Pengelolaan Bidang K3L2 Panas Bumi

Penghargaan Pengelolaan Bidang K3L2 Panas Bumi diberikan, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah, kepada perusahaan pengembang panas bumi yang telah mengupayakan dan menerapkan pengelolaan K3L2. Penilaian Prestasi Pengelolaan Bidang K3L2 Panas Bumi dilakukan terhadap Badan Usaha Panas Bumi yang telah memiliki fasilitas produksi panas bumi.

“Kegiatan pengusahaan panas bumi adalah kegiatan dengan risiko tinggi, maka dari itu, setiap pengusahaan panas bumi harus memiliki sistem pengelolaan K3L2 yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana ketika membuka malam penganugerahan penghargaan tersebut.

Sebelum memberikan penghargaan, Kementerian ESDM sebelumnya telah menilai para Badan Usaha Panas Bumi tersebut melalui penilaian administratif dan penilaian lapangan di dua kategori, yakni Pengelolaan Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Panas Bumi serta Pengelolaan Bidang Lingkungan Panas Bumi. Hasil penilaian yang dilakukan oleh Direktorat Panas Bumi Ditjen EBTKE tersebut, dibagi menjadi tiga kriteria, yakni Pratama dengan nilai di antara 650 dan 750, Utama (750 ≤ N < 850), dan Aditama (N > 850).

Berikut adalah daftar penerima Penghargaan Pengelolaan Bidang K3L2 Panas Bumi Tahun 2015:

Penerima Piagam Penghargaan Pratama

  1. Bidang K3
    • PT Geo Dipa Energi Unit Patuha
    • PT Geo Dipa Energi Unit Dieng
  2. Bidang Lindungan Lingkungan
    • PT Geo Dipa Energi Unit Dieng

Penerima Piagam Penghargaan Utama

  1. Bidang K3 yaitu:
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu
  1. Bidang Lindungan Lingkungan
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong

Penerima Piagam Penghargaan Aditama

  1. Bidang K3 yaitu:
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang
  • Star Energy Geothermal (Wayang Windu), Ltd
  • Chevron Geothermal Indonesia, Ltd
  • Chevron Geothermal Salak, Ltd
  1. Bidang Lindungan Lingkungan yaitu:
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang
  • Star Energy Geothermal (Wayang Windu), Ltd
  • Chevron Geothermal Indonesia, Ltd
  • Chevron Geothermal Salak, Ltd

Selain memperoleh piagam penghargaan, Pengembang Panas Bumi yang meraih nilai tertinggi, yakni di tahun ini adalah Chevron Geothermal Gunung Salak, juga memperoleh Trofi Aditama.

Peluncuran Aplikasi Online Panas Bumi

Selain memberikan penghargaan Pengelolaan Bidang K3L2, dalam kesempatan ini, Kementerian ESDM juga meluncurkan tiga aplikasi terkait kegiatan pengusahaan panas bumi berbasis online. Ketiga aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Sistem Aplikasi Keteknikan Panas Bumi, untuk mempermudah Badan Usaha panas bumi dalam mengajukan permohonan sertifikasi peralatan, instalasi, dan teknik yang dipergunakan di pengusahaan panas bumi.
  2. Sistem Aplikasi Format Pantau Wilayah Kerja Panas Bumi, untuk mempermudah Badan Usaha panas bumi dalam memberikan laporan terkait progres pengembangan suatu Wilayah Kerja serta penataan data untuk keperluan pemantauan progres pengembangan Wilayah Kerja tersebut bagi Direktorat Jenderal EBTKE.
  3. Sistem Informasi Tenaga Kerja Asing (SITA) untuk mempermudah proses pengajuan dan pemberian rekomendasi Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) baik bagi Badan Usaha sebagai pemohon dan EBTKE sebagai pemberi rekomendasi.

“Ketiga aplikasi ini adalah salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih cepat, sederhana, transparan, dan terintegrasi,” tutup Rida. (pam)

 

LEAVE A REPLY