LPG sebagai Energi Alternatif Pengganti BBM

0
1023
foto: istimewa

Jakarta, geoenergi.co.id – LPG (Liquified Petroleum Gas) adalah bahan bakar alternatif yang bersih. Selain dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, LPG dapat juga dimanfaatkan sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar minyak untuk kendaraan (Autogas/Vigas), dan untuk kebutuhan mesin kapal Nelayan.

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang dalam acara LPG Forum 2017 yang dihelat di Shangrila Hotel, Jakarta, 17 Januari 2017,menyampaikan bahwa konsumsi LPG di Indonesia mengalami peningkatan. “Dari hanya sekitar 1 (satu) juta Metrik Ton per tahun pada tahun 2007 menjadi hampir mencapai 7 juta Metrik Ton di tahun 2016 (atau tumbuh sebesar 700% selama 9 tahun),” tegasnya.

Kenaikan konsumsi tersebut lanjut Bambang, disebabkan suksesnya program Konversi BBM ke LPG yang dilakukan pemerintah untuk kebutuhan rumah tangga sejak tahun 2007. Selain itu, program LPG untuk mesin kapal nelayan yang dilaksanakan mulai tahun 2016 yang rencananya program tersebut akan di lanjutkan pada tahun 2017.

“Sebagai bentuk dukungan Pertamina kepada Pemerintah untuk mengurangi beban subsidi LPG, Pertamina memberikan varian bagi konsumen dan sekaligus menghadirkan produk LPG Non PSO yaitu Bright Gas berukuran 12 Kg, 5.5 Kg dan kemasan kaleng ukuran 220 gram,” katanya. (Pam)

LEAVE A REPLY