Indonesia Negara Pengimpor Utama LPG Dunia

0
174
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

Jakarta, www.geoenergi.co.id – VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, menyampaikan bahwa Pertamina bersama dengan Pemerintah Daerah sedang melakukan sosialisasi penggunaan LPG Non PSO, guna memastikan subsidi LPG tepat sasaran kepada yang berhak.

“Saat ini pemerintah juga sedang menyiapkan Program Distribusi LPG 3 KG Tepat Sasaran yang diharapkan dapat terlaksana tahun ini, bekerjasama dengan Perbankan melalui berbagai cara untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak mengambil subsidi masyarakat yang berhak,” katanya di LPG Forum 2017, di Jakarta, (18/01).

Pelaksanaan subsidi LPG Tabung 3 Kg dilakukan dengan pola distribusi terbuka dan dilakukan secara bertahap untuk 26 juta Rumah Tangga Miskin (RTM) dan 2,3 juta usaha mikro, imbuhnya. “Jumlah rumah tangga dan usaha mikro penerima subsidi LPG tabung 3 Kg tersebut didasarkan pada Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial,” jelasnya.

Wianda juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara pengimpor utama LPG dunia. Dan Indonesia telah mendapatkan manfaat dari banyaknya pasokan global dan harga LPG dunia yang rendah. Keadaan ini merupakan peluang sekaligus kesempatan bagi indonesia untuk memanfaatkan harga LPG dunia, guna mempercepat pembangunan infrasturuktur LPG dan menunjang investasi pasar LPG lainnya di dalam negeri.

“Saat ini sedang berlangsung pembangunan infrastruktur LPG di seluruh wilayah Indonesia, termasuk diantaranya berada di wilayah Indonesia Timur, seperti c – Depot LPG NTT, Bima – NTB, Wayame – Maluku, maupun Depot LPG di Jayapura – Papua,” pungkasnya. (Pam)

LEAVE A REPLY