RUPSLB Indika Energy Ganti Komisaris Utama

0
870
foto: ist

Jakarta, geoenergi.co.id – Perusahaan energi terpadu PT Indika Energy Tbk. menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Senin (30/1). Rapat memutuskan susunan Dewan Komisaris yang baru dengan Agus Lasmono menjabat sebagai Komisaris Utama setelah Wishnu Wardhana mengundurkan diri dari seluruh jabatan di Indika Energy dan anak perusahaan Grup Indika Energy. Hal ini menegaskan komitmen Indika Energy terhadap tata kelola perusahaan yang baik yang jauh dari potensi benturan kepentingan pribadi setiap manajemen dan karyawan yang bekerja di dalamnya.

Merujuk pada pernyataan keterbukaan Indika Energy kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wishnu Wardhana telah mengundurkan diri sejak 7 Desember 2016. Wishnu melepaskan seluruh jabatan di holding company dan anak-anak perusahaan Grup Indika Energy dan tidak lagi terlibat dalam manajemen dan fungsi bisnis apa pun.

Komisaris Utama Indika Energy Agus Lasmono memastikan bahwa kinerja fungsi pengawasan yang dilakukan secara kolektif oleh seluruh anggota Dewan Komisaris tetap berjalan optimal, tidak terpengaruh oleh mundurnya Wishnu. “Sesuai tata kelola perusahaan yang baik, peran pengawasan oleh Dewan Komisaris juga didukung oleh Komite Audit dan Good Corporate Governance, Komite Risiko dan Investasi, serta Komite Human Capital,¨ papar Agus yang merupakan pendiri dan pemilik mayoritas Indika Energy.

Seperti diketahui, Wishnu belakangan ini menjadi manajer kampanye salah satu pasangan calon pada Pilkada DKI Jakarta. “Kegiatan Pak Wishnu di luar perusahaan dilakukan sepenuhnya dalam kapasitas pribadi. Keputusan beliau untuk mundur dari Indika Energy diperlukan untuk menepis mispersepsi yang mungkin saja terjadi,¨ ungkap Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid.

Arsjad menambahkan bahwa langkah Wishnu dan mantan karyawan lain dalam kegiatan politik sepenuhnya merupakan keputusan dan tanggung jawab pribadi serta sama sekali tidak merepresentasikan sikap perusahaan maupun pemegang saham.

Langkah Wishnu keluar dari Indika Energy sejalan dengan Rico Rustombi yang menjadi juru bicara salah satu pasangan calon pada Pilkada DKI Jakarta. “Pak Rico sudah mundur dan tidak lagi menjabat Direktur Utama PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk., yang merupakan anak perusaahaan Indika Energy, sejak September 2016,¨ ungkap Sekretaris Perusahaan Dian Paramita.

Sebagai perusahaan terbuka, Indika Energy selalu menjaga netralitas dan sama sekali tidak terafiliasi dengan kepentingan politik tertentu. “Kami memiliki Code of Conduct yang menjauhkan seluruh praktek bisnis kami dari potensi benturan kepentingan. Seluruh karyawan, terutama yang memegang jabatan manajemen, diharuskan bebas dari keterlibatan di politik praktis,¨ tambah Dian.

Dian juga menyampaikan bahwa kepemilikan Indika Energy dikuasai oleh PT Indika Mitra Energi (63,5%) yang dimiliki oleh Agus Lasmono (60%) dan Wiwoho Basuki beserta ketiga anaknya (40%). Wishnu hanya memegang saham yang jumlahnya sangat kecil yaitu 0,02% yang berasal dari employee stock allocation (ESA), sama seperti sejumlah manajemen lainnya yang sudah bekerja di Indika Energy saat perusahaan melakukan initial public offering (IPO) di bursa efek pada tahun 2008.

HASIL RUPSLB TANGGAL 30 JANUARI 2017
RUPSLB menyetujui susunan Dewan Komisaris Indika Energy menjadi sebagai berikut:
– Agus Lasmono sebagai Komisaris Utama
– Richard Bruce Ness sebagai Komisaris
– Boyke W. Mukijat sebagai Komisaris Independen
– Muhamad Chatib Basri sebagai Komisaris Independen
Sedangkan sususan Direksi tidak mengalami perubahan.
– M. Arsjad Rasjid P.M. sebagai Direktur Utama
– Azis Armand sebagai Direktur
– Eddy Junaedy Danu sebagai Direktur Independen (pam)

LEAVE A REPLY