PLN Bangun 15 Rumah Kreatif BUMN untuk Dukung UMKM

0
1157
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: humas PLN

Bali, geoenergi.coid – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meresmikan rumah kreatif BUMN (RKB) milik PLN yang ada di Jl. Raya Sesetan No 13, Denpasar Bali. Rumah kreatif itu merupakan bagian dari peran serta PLN untuk memperkuat dukungan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Peresmian ini sekaligus menandai peresmian di 14 Rumah Kreatif BUMN yang telah dibangun oleh PLN yakni didaerah Bengkulu, DI Yogyakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tnegah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Aceh, Papua, NTB dan Sulawesi Barat.

Rumah Kreatif BUMN merupakan program sinergi BUMN dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan bagi UMKM guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Rumah kreatif BUMN ini akan berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi,pengembangan dan digitalisasi UMKM.

Menteri BUMN Rini Soemarno seperti dilansir di laman PLN mengungkapkan, “Keberadaan Rumah Kreatif BUMN bertujuan untuk memberdayakan UMKM secara berkelanjutan agar dapat menjadi go digital dan bisa mendapatkan pendanaan dari lembaga pembiayaan serta bisa bergabung dengan jejaring UMKM lainnya.”

Pada kesempatan yang sama, Direktur utama PLN, Sofyan Basir mengungkapkan dengan adanya Rumah Kreatif BUMN ini diharapkan pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat seperti digitalisasi usaha melalui portal yang telah disediakan, selain itu rumah kreatif ini juga bisa menjadi penyeleksi UMKM potensial untuk pengembangan usaha lanjutan serta pelatihan pengembangan kewirausahaan terkait proses produksi, bahan baku, packing, branding dan pengelolaan keuangan.

“PLN berharap setidaknya lebih dari 10 pelaku UMKM yang bisa go digigal di setiap RKB PLN, semakin banyak akan semakin baik, dengan harapan UMKM di Indonesia bisa berkembang pesat dan bisa menghadapi persaingan global,” ungkap Sofyan Basir.(pam)

LEAVE A REPLY