BATAN – PT INUKI Sepakat Mengomersialkan Teknologi Nuklir

0
309
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: Humas BATAN

Serpong, www.geoenergi.co.id – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan PT INUKI (Persero) sepakat menjalin kerja sama dalam pemanfaatan komersialisasi teknologi nuklir. Kesepakatan itu diwujudkan dengan penandatanganan Piagam Kerja Sama antara BATAN dan PT INUKI (Persero), di Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG)-BATAN, Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Jum’at (17/02). Kesepakatan yang ditandatangani oleh Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto dan Direktur Utama PT INUKI (Persero) Bambang Herutomo bertujuan untuk saling menunjang dalam melaksanakan tugas kedua belah pihak.

Menurut Kepala BATAN, perjanjian kerja sama ini merupakan perpanjangan dari kerja sama antara BATAN dengan PT. Batek yang sekarang berubah nama menjadi PT INUKI. Pada prinsipnya BATAN siap bekerja sama dengan PT INUKI (Persero) di segala bidang yang penting tidak melanggar aturan yang ada. Djarot berharap, PT INUKI tetap menjadi pemasok Elemen Bakar Nuklir yang handal dan kelak kalau Elemen Bakar Nuklir Reaktor Triga Bandung di konversi, maka PT INUKI menjadi pemasoknya disamping produksi radio isotop.

foto: Humas BATAN
foto: Humas BATAN

Sedangkan Bambang Herutomo dalam sambutannya mengingatkan kembali bahwa PT INUKI dibangun untuk mengkomersilkan produk BATAN di bidang Radioisotop, Instrumentasi Nuklir, Elemen Bakar Nuklir, Jasa Teknologi Nuklir dan implementasi teknik nuklir diberbagai bidang. Untuk itu kerja sama antara BATAN dan PT INUKI sangat diharapkan.

Selain penandatangan MoU antara BATAN dengan PT INUKI (Persero), dilakukan pula penandatangan kerja sama antara Kepala PRSG-BATAN dengan Direktur PT INUKI (Persero) tentang pelayanan iradiasi target dan Kepala PAIR-BATAN dengan Direktur PT INUKI (Persero) tentang pemanfaatan aplikasi isotop dan radiasi serta antara PT INUKI (Persero) dengan PT MOTAB Technologi tentang kegiatan usaha/bisnis berbasis teknologi nuklir di bidang medik dan non medik.

Djarot menekankan, kerja sama ini tidak berhenti pada penandatanganan saja, namun dapat mempererat komunikasi antara PT INUKI dan BATAN. (Pam)

LEAVE A REPLY