Program Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan di Jawa Barat

0
353
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: Pertamina

Bandung, www.geoenergi.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) milik PT Pertamina (Persero) yang tersebar di beberapa wilayah bumi pasundan. Melalui unit pelaksananya yakni CSR & SMEPP Pertamina Jawa Bagian Barat, PT Pertamina (Persero) berhasil menggulirkan beberapa program yang ditujukan untuk memberdayakan masyarakat dan lingkungan. Atas sumbangsih membangun lingkungan dan masyarakat terutama di wilayah operasi Pertamina, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi dengan menyelenggarakan peresmian langsung oleh Gubernur Jawa Barat.

“Pertamina selalu berkomitmen penuh dalam program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Semoga program ini dapat berkelanjutan dengan apresiasi dan dukungan optimal dari Gubernur dan jajaran Provinsi Jawa Barat,” kata Syahrial Mukhtar, Corporate Secretary PT Pertamina (Persero).

Adapun program CSR & SMEPP Pertamina JBB yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat berada di dua Unit Operasi, yakni Refinery Unit (RU) VI Balongan dan Marketing Operation Region (MOR) III yang meliputi tiga provinsi, yakni Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Untuk program yang ada di RU VI Balongan, CSR & SMEPP Pertamina JBB membuat pusat pembelajaran keanekaragaman hayati dan budidaya mangrove di kawasan pantai Indramayu yang diberi nama Arboretum Mangrove. Program yang digagas sejak tahun 2016 ini memiliki luas kawasan 5,6 Ha dan menjadi pusat pembibitan sejumlah 1023 bibit mangrove yang terdiri dari 23 jenis mangrove dan asosiasinya seperti Rizophora, Bruguiera, dan Avicennia. Arboretum tersebut menjadi laboratorium KEHATI bagi sekolah & institusi pendidikan di Indramayu.

“Tujuan program ini adalah memberdayakan masyarakat dan lingkungan dengan fokus pada pengelolaan mangrove di Pantai Karangsong yang juga menjadi ikon wisata Indramayu. Alhamdulillah program CSR Pertamina Arboretum Mangrove di Indramayu ini juga mendapatkan apresiasi positif dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan mengantarkan RU VI Balongan berhasil meraih PROPER EMAS,” kata Afdal Martha, General Manager RU VI Balongan.

Untuk program yang ada di wilayah MOR III, CSR & SMEPP Pertamina JBB membuat beberapa program seperti Ekowisata Mangrove dan pembibitan ikan di Pantai Blanakan Subang, Infrastruktur pendidikan di SMK Plus Al Azhar Tambak Dahan Subang, Pelestarian Fauna Burung Blekok di Kampung Wisata Blekok Bandung, dan sarana & fasilitas kesehatan di Posyandu Desa Dawuan Barat Cikampek Kerawang. Khusus untuk Ekowisata Mangrove dan Pembibitan ikan di Pantai Blanakan Subang, Pertamina fokus pada optimalisasi budidaya ikan yang dikelilingi oleh mangrove. Program ini melibatkan ahli perikanan dengan harapan adanya proses alih teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Pertamina selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, salah satunya melalui program CSR. Harapan kami program-program tersebut dapat berdampak positif dan optimal terhadap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta lingkungan yang berada di wilayah Jawa Barat,” kata Jumali, General Manager Pertamina MOR III.

Selain program-program tersebut di atas, Pertamina juga terus mengembangkan gagasan CSR yang fokus pada pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Melalui program kolaborasi antara Pertamina dengan pemerintah daerah diharapkan dapat menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, nyaman dan tenteram. Program CSR Pertamina ini diharapkan dapat bermanfaat penuh bagi masyarakat serta dapat meningkatkan kepedulian lingkungan melalui edukasi sehingga tercipta harmonisasi antara industri, pemerintah daerah dan komunitas masyarakat. (pam)

LEAVE A REPLY