Tangki Penyimpanan BBM PT Oiltanking Karimun Resmi Operasi di Riau

0
2388
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Kepri,www.geoenergi.co.id – Beroperasinya tangki penyimpanan BBM sebanyak 730 ribu kilo liter di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, dianggap mampu menambah cadangan ketahanan BBM dalam negeri selama tiga hari. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar ketika meresmikan beroperasinya proyek pembangunan tangki penyimpanan BBM PT Oiltanking Karimun di Teluk Lekup, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Indonesia yang cukup banyak memiliki sumber energi, hanya memiliki cadangan operasional BBM sekitar 21 hari. Itu pun milik Badan Usaha PT Pertamina. Selama ini upaya meningkatkan cadangan ketahanan BBM terkendala minimnya pembangunan tangki penyimpanan minyak dan kilang minyak di dalam negeri.

Adanya penambahan kapasitas penyimpanan BBM di Karimun ini, menurut Arcandra, diharapkan mampu menambah ketahanan energi nasional. “Dengan ini kita berharap supaya ketahanan energi kita bisa ditingkatkan lagi dalam upaya agar kebutuhan kita di dalam negeri terutama oil product, BBM, bisa kita penuhi dengan adanya tangki penyimpanan ini,” ujarnya

Menurutnya, total kapasitas tangki penyimpanan BBM di Karimun ini setara dengan tambahan tiga hari cadangan kebutuhan BBM dalam negeri. “Ini sama dengan penambahan tiga hari kebutuhan BBM kita di dalam negeri, tiga hari penambahan cadangan kita di seluruh Indonesia,” ujarnya lebih lanjut usai peresmian.

Menurut Arcandra, pemerintah sangat mendukung dan akan terus mendorong segala upaya yang bertujuan untuk mencapai ketahanan dan kemandirian energi nasional. “Ini adalah berita bagus, program seperti ini sangat kita dukung. Dan apalagi Pemerintah Daerah juga sangat mendukung, Pak Gubernur, Pak Bupati sangat mendukung, kita berharap juga di tempat-tempat lain kalau ada investasi yang menuju kepada kedaulatan energi akan kita dukung,” tutup Arcandra. (ESDM/pam)

LEAVE A REPLY