Trakindo Resmikan Laboratorium Scheduled Oil Sampling

0
50
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Tangerang, www.geoenergi.co.id – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, meresmikan laboratorium Scheduled Oil Sampling (S.O.S) di kompleks kantor Trakindo cabang BSD di Jl. Kavling Komersial Taman Tekno Blok B No.1 Sektor XI, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, yang sebelumnya berlokasi di kompleks Kantor Pusat Trakindo di Jakarta, Rabu (26/7).

Perpindahan lokasi laboratorium S.O.S Trakindo dari Jakarta ke BSD, Serpong, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Laboratorium S.O.S Trakindo menyediakan serangkaian tes diagnostik untuk menganalisis cairan, seperti minyak pelumas atau bahan bakar, pada unit alat berat dan peralatan lainnya. Analisis tersebut membantu mengidentifikasi masalah lebih awal sebelum terjadi kegagalan komponen, sehingga pelanggan dapat menghemat biaya perbaikan dan waktu henti mesin (downtime).

trakindo SOS 1

Tema S. Mendrofa, General Manager, Java Division, PT Trakindo Utama, mengatakan, “Selain menyediakan beragam alat berat dan solusi Caterpillar untuk kemajuan bisnis pelanggan, kami juga menyediakan layanan untuk mendukung peningkatan efisiensi dan produktivitas pelanggan, seperti program Scheduled Oil Sampling (S.O.S). Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam menganalisis sampel cairan, kami memiliki sumber daya berkualitas yang dapat memproses hingga 7.000 sampel per bulan dari pelanggan di area Sumatera (35%), Jawa (25%), serta kawasan timur Indonesia (40%). Komitmen kami dalam meningkatkan pemeliharaan alat berat dan peralatan milik pelanggan agar terus beroperasi dengan kinerja maksimal terwujud melalui laboratorium S.O.S yang kini berlokasi di kantor Trakindo cabang BSD, Serpong, dengan peningkatan fasilitas pengujian. Laboratorium Trakindo di BSD adalah salah satu dari tiga laboratorium S.O.S kami yang telah ada di Balikpapan (Kalimantan), Batu Hijau (Sumbawa) dan Kuala Kencana (Papua).”

Laboratorium S.O.S Trakindo di BSD merupakan laboratorium S.O.S Trakindo terbesar kedua di Indonesia dan telah memperoleh akreditasi ISO 17025 sejak tahun 2009. Laboratorium S.O.S ini memiliki penambahan fasilitas dengan teknologi terkini serta dapat menganalisis tidak hanya oli namun juga coolant, bahan bakar diesel, filtergram, patch test, pengujian air limbah, dan distilasi. Tersedia pula fasilitas laboratorium kalibrasi (massa, volume & suhu).

Melalui program pemeliharaan yang diuji pada laboratorium S.O.S, pelanggan dapat mengetahui efektivitas peralatan mereka melalui pengujian semua parameter analisis oli seperti Analisis Keausan Logam, Analisis Kondisi Oli, Uji Fisik, Kebersihan Oli dan Kontaminasi. Sampel cairan tersebut akan diproses dan selesai dalam waktu satu hari sejak diterima di laboratorium. Hasil analisis sampel dikelola dan disimpan menggunakan piranti lunak Oil Commander. Pelanggan dapat memperoleh hasil analisis tersebut dengan mengakses sistem piranti lunak Oil Commander atau melalui email. Berdasarkan hasil laboratorium ini, pelanggan dapat mengetahui kesehatan alat berat dan peralatan yang dimiliki sehingga ketika masalah teridentifikasi, Trakindo dapat langsung memberikan perawatan atau perbaikan yang tepat.

Trakindo juga menyediakan pelatihan program S.O.S untuk meningkatkan pengetahuan pelanggan mengenai analisis oli yang dapat dilakukan sesuai dengan jadwal pelatihan di kantor cabang Trakindo BSD, Serpong, maupun berdasarkan jadwal permintaan pelanggan. (pam)

LEAVE A REPLY