Perkuat Program Ekonomi Kelautan Nasional Pertamina Kerjasama dengan KKP

0
673
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Dalam rangka mendukung program pemerintah di sektor kelautan dan perikanan, PT Pertamina (Persero) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menandatangani kesepakatan bersama dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Senin (31/7).

Penandatanganan yang berlangsung antara Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ini menjadi momentum strategis bagi terbangunnya sinergi untuk memperkuat kedua lembaga melalui pengembangan Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi, pemasaran, sarana dan prasarana, program Corporate Social Responsibility (CSR), dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi nelayan.

Menurut Direktur Utama Pertamina, Massa Manik, Pertamina akan mendukung Pemerintah dengan memperkuat program ekonomi kelautan, baik dari sisi penyediaan BBM untuk nelayan, sharing tentang sistem pemasaran dan dukungan permodalan melalui program kemitraan. “Kami tentunya berbahagia bisa menjadi satu bagian yang ikut mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jumlah pulau kita, 17 ribu lebih dengan garis pantai hampir 81 ribu ini merupakan satu wilayah dengan potensi yang harus digali lebih jauh lagi,” ungkap Massa Manik saat berada di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sebagai sumber energi bagi bangsa ini, lanjut Massa Manik, Pertamina mengemban tugas untuk menjamin kebutuhan energi nasional. Agar pembangunan tetap berkelanjutan, maka suplai energi tidak boleh terganggu. Karena bila pembangunan nasional terganggu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa reputasi bangsa Indonesia juga akan terganggu dan akan kalah bersaing dalam persaingan global. “Pertamina sangat membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam rangka memperkuat pondasi perusahaan dalam rangka mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki masing-masing pihak untuk keuntungan bersama,”tegasnya.

Dalam penandangan kesepakatan yang dihadiri jajaran eselon satu Kementerian dan Kelautan serta Direktur Pemasaran Pertamina, Muhammad Iskandar dan Direktur SDM, Teknologi Informasi & Umum Pertamina, Dwi Wahyu Daryoto, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyambutan positif dukungan Pertamina sebagai BUMN Migas nasional untuk memperkuat sektor kelautan dan perikanan. Menurutnya, kesepakatan ini akan menjadi tahapan penting untuk mengembangkan perekonomian nasional.”Penandatangan MoU antara Pertamina dan KKP ini adalah salah satu step dalam pelaksanaan realisasi dari pengembangan industri perekonomian Indonesia di bidang perikanan,” jelas Susi Pudjiastuti. (pam)

LEAVE A REPLY