PLTU Tarahan Raih “Best Practices in Clean Coal Use and Technology

0
75
foto: Istimewa

geoenergi.co.id – PLN melalui Sektor Pembangkitan PLTU Tarahan mendapatkan penghargaan sebagai “Best Practices in Clean Coal Use and Technology” pada ajang The 3rd ASEAN Coal Awards yang diserahkan pada malam puncak Acara 35th ASEAN Minister on Energy Meeting (35 AMEM) dan ASEAN Energy Business Forum (AEBF) di Manila, Filipina, Rabu (27/9). ASEAN Coal Awards merupakan salah satu kegiatan rutin setiap dua tahun yang dilaksanakan ASEAN melalui ASEAN Centre for Energy (ACE) sebagai komitmen Regional ASEAN dalam mengkampanyekan pemanfaatan Teknologi Batubara yang ramah lingkungan.

“Kami ikut seleksi yang dilakukan Kementerian ESDM. Lalu terpilih sebagai nominator dan wakil Indonesia untuk selanjutnya mengirimkan proposal ke ASEAN Center for Energy (ACE). Pada tahap tersebut, kami dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Tim Ahli dan Akademisi dari 10 negara anggota ASEAN,” jelas Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto.

Setelah melewati tahapan seleksi yang dilakukan sejak April 2017, sesuai surat 146/AEA/VIII/2017 tanggal 1 Agustus 2017, Proposal PLTU Tarahan yang berjudul “Plant Efficiency and Environment Performance Improvement By Adopted CFB Boiler Technology at Tarahan Power Plant Indonesia” pada skala “Medium Power Generation by Adopted CFB Boiler” ditetapkan sebagai pemenang dalam kompetisi ini pada kategori Clean Coal Use and Technology Power Generation, Sub Category Medium Power Plant (100-500 MW).

Proposal tersebut menceritakan upaya dan komitmen PLN PLTU Tarahan terhadap pemanfaatan teknologi pembangkit batubara yang ramah lingkungan, mulai dari tahap desain, proyek hingga pelaksanaan operasi & pemeliharaan. Tim panelis juri menilai PLTU Tarahan berhasil dalam upaya peningkatan utilisasi batubara, peningkatan operasi dan pemeliharaan ataupun penggunaan teknologi yang dapat memberikan effisiensi, perbaikan perfomance dan memberikan dampak lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar area pengusahaannya.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Energi Filipina selaku tuan rumah acara 35th AMEM kepada Manajer Sektor PLN Sektor Pembangkitan Tarahan, Sujana.

Hadir juga dalam acara Delegasi Indonesia, Dirjen Minerba Kementerian ESDM dan Perwakilan Perusahaan-Perusahaan dari Indonesia penerima penghargaan pada kategori lainnya.

Dengan adanya pengukuhan pengahargaan level ASEAN ini akan semakin menguatkan komitmen PLN untuk terus menignkatkan efisiensi pembangkit ramah lingkungan dalam pelaksanaan pengusahaannya. (pam)

LEAVE A REPLY