PLN Resmikan 13 Desa Berlistrik di Provinsi Riau

0
95
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Pekanbaru, www.geoenergi.co.id – PLN nyalakan listrik untuk warga  pada 10 desa di Provinsi Riau

General Manager PLN Wilayah Riau Dan Kepulauan Riau (WRKR) M. Irwansyah Putra pada Hari Listrik Nasional ke 72  PLN mempersembahkan bukti nyata kerja bersama dan komitmen PLN bagi  masyarakat Riau berupa penyalaan listrik yang pertama kali di 13 desa yang tersebar di 6 Kabupaten & Kota Provinsi Riau.

Disaat PLN  merayakan Hari Jadi ke 72 , di depan Gubernur Riau Arsyadjuliandi  Rachman dan masyarakat Riau yang hadir pada acara peresmian Penyalaan 13 Listrik Desa, yang berlokasi di desa Kuala Gasib, kabupaten Siak Sri Indrapura, Irwansyah mengatakan sebagai wujud kerja nyata terangi negeri PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mempersembahkan Infrastruktur Keteganalistrikan yang terpasang di 13 desa berupa Jaringan Tengangan Menengah, Trafo Distribusi , Jaringan Tegangan Rendah yang telah lolos   uji sertifikasi operasi dari Direktorat Jendral Ketenagalistrikan siap untuk dialiri listrik agar  bisa dimanfaatkan oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan dalam  meningkatkan taraf hidup , mencerdaskan warga, dan mendorong tumbuhnya usaha baru khususnya di 13 desa.

IMG-20171027-WA0036

Dalam penjelasannya saat ditemui di lokasi peresmian Irwansyah berujar bahwa dengan bertambahnya 13 desa berliatrik di Riau maka jjumlah  desa yang berlistrik menjadi 1.606  desa dari 1.835  desa yaang ada , sehingga  rasio desa berlistrik bertambah menjadi  86,7%  yang direncanakan akan mencapai 91,58% di akhir tahun 2017 dan tercapai 100% di tahun 2019 .

PLN dalam  membangun infrastruktur listrik desa menemui adanya kendala,  seperti  kondisi geografis di Riau terutama akses jalan menuju desa belum belum bisa dilewati kendaraan pangangkut material jaringan listrik sehingga hanya bisa diangkut  melewati sungai,  disamping itu juga masih ada warga yang belum rela pohon-pohonnya ditebang agar jaringan listrik PLN bisa melewatinya, dan banyak tanah gambut yang harus dilewati sehingga  disaat memasang tiang listrik perlu waktu untuk membuat pondasi di lahan gambut tersebut agar tidak amblas.
Serta masih ada pelanggan yang tidak mau menggunakan meter listrik prabayar saat mendaftarkan sebagai calon pelangan. Meski banyak kendala yang PLN jumpai tidak menyurutkan niat PLN untuk menyesaikan pembangunan listrik desa yang masih ada sekitar 250 desa lagi di Provinsi  Riau. ungkap Irwansyah

Ditempat yang sama  Gubernur Riau Arsyadjulyandi Rahman usai meresmikan penyalaan 13 desa , merasa bangga dan terima kasih atas persembahan PLN  kepada masyarakat provinsi Riau. saat PLN merayakan Hari Listrik Nasional ke 72, mengalir juga  listrik ke 13 desa yang ada di provinsi Riau ,  Arsyadjulyandi yakin, dengan mengalirnya listrik ke 13 desa tersebut akan tumbuh ekonomi baru, geliat kehidupan warga di desa tersebut akan dapat menggerakan roda ekonomi , selain itu yang tidak kalah penting  dengan cahaya  listrik warga akan mudah belajar ilmu pengetahuan. sains dan belajar mengaji di malam hari Arsyadjulyandi berharap agar sisa desa yang belum teraliri listrik PLN, dapat digesa pembangunannya dan apabila ada kendala dalam pelaksanaan pembangunan maka Gubernur, dan Bupati beserta jajarannya siap membantu secara penuh, karena sesunggihnya aliran listrik PLN ke desa ini merupakan kebutuhan warga dalam mengerakkan roda ekonomi desa tidak hanya untuk kepentingan PLN dalam menjalankan usahanya ungkap Arsyadjulyandi. (Pam/foto:ist)

LEAVE A REPLY