Siemens Siap Transfer Pengetahuan dan Teknologi untuk Indonesia

0
366
Share on Facebook
Tweet on Twitter

www.Geoenergi.co.id – Dalam penandatanganan kerjasama antara Siemens AG dan PT PLN pada April 2016 lalu, Siemens bersama dengan PLN akan membangun Mobile Power Plant (MPP) yang tersebar di 12 lokasi di Indonesia berkapasitas 500 MW. Pembangunan MPP ini bertujuan untuk menyuplai pasokan listrik yang andal untuk daerah terpencil di Indonesia, serta berkontribusi untuk pembangunan kapasitas nasional Indonesia. Proses pembuatan dan pengemasan Turbin Gas dan Generator untuk mendukung proyek ini sepenuhnya akan dibuat di Indonesia, serta memberikan pelatihan dan pendidikan bagi orang Indonesia.

Komitmen Siemens untuk transfer pengetahuan juga telah dilakukan kepada beberapa BUMN yang merupakan mitra bisnisnya di Indonesia, sejumlah 5 orang tenaga kerja PT PAL Indonesia telah diberikan pelatihan intensif di Pabrik Siemens Industrial Turbomachinery di Finspang, Swedia tahun ini, dimana mereka diikutsertakan dalam proses assembling SGT-400 dari tahapan perencanaan hingga selesai. Menindaklanjuti pelatihan di Finspang ini, tim operator dari Swedia direncanakan awal tahun ini akan segera tiba di Indonesia untuk memantau proses assembling SGT-400 yang diproduksi secara lokal di pabrik PT PAL Indonesia di Surabaya. Selain itu, Siemens juga membentuk tim untuk proses transfer pengetahuan seperti perakitan, rekayasa, kualitas dan logistik.

Selain PT PAL, Siemens juga memberikan pelatihan intensif kepada tenaga kerja PT Pindad, sejumlah 6 orang personelnya telah mengikuti pelatihan proses assembling di Siemens Drasov, Czech Republic pada akhir 2016 lalu.

Transfer pengetahuan dan teknologi ini sejalan dengan komitmen Siemens untuk terus memberikan kontribusi yang nyata bagi pemerintah Indonesia khususnya dalam mendukung pemerintah menyelesaikan program kelistrikan 35.000 MW. Dengan mengoperasikan tiga fasilitas produksi di Indonesia, transfer teknologi dan pengetahuan ini sejatinya merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan bisnis Siemens di Indonesia. Sebagai contoh, pabrik Siemens untuk Low Voltage dan Medium Voltage di Pulomas, Jakarta Timur, kini menjadi Hub untuk pasar ASEAN, kemudian pabrik Siemens di Cilegon, Banten, telah ikut serta dalam berbagai proyek lokal maupun internasional, awal tahun 2017 ini pabrik tersebut berhasil mengirimkan Kondenser dan Hot Box buatan Indonesia untuk dipasang di tiga PLTGU di negeri Piramida, Mesir. Beberapa contoh tersebut merupakan hasil dari kesuksesan Siemens di Indonesia dalam menerapkan proses transfer teknologi dan pengetahuan untuk bangsa Indonesia secara tepat. (pam)

LEAVE A REPLY