Owa Jawa, Satwa Langka yang Nyaris Punah

0
334

Pangrango, geoenergi.co.id – Sebagai lanjutan dari event lari Pertamina Eco Run 2017, salah satu perwakilan pemenang diajak berkunjung ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol yang terletak di daerah Gunung Gede Pangarongo, Rabu (3/1/2018).

Peserta diajak melihat kehidupan Owa Jawa (Hylobates moloch), salah satu primata yang makanan utamanya adalah buah buahan hutan. Selain itu, peserta diajak melihat kehidupan Owa Jawa mulai dari penangkaran hingga ketika mereka siap untuk dilepas di hutan liar.

owa jawa

Owa Jawa merupakan salah satu satwa langka dan dilindungi. Kelangsungan hidup di habitat alaminya semakin terancam. Hal tersebut terjadi di antaranya karena perburuan, pemeliharaan, dan dampak gangguan hingga perusakan habitat alami. Owa jawa ini satwa dilindungi dengan status konservasinya terancam punah dan jumlah di habitat alaminya cukup kritis.

Di wilayah Sukabumi dan Cianjur, satwa endemik ini hanya ditemukan di Pulau Jawa ini dapat ditemukan dan dilihat di antaranya di sejumlah kawasan konservasi. Seperti di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh/Cagar Alam (CA) Cibanteng, CA Gunung Simpang, CA Takokak, dan CA Bojong Larang. (pam)

LEAVE A REPLY