Pemerintah Kaji Pembangunan PLTS di Labuan Bajo

0
508
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: Humas ESDM

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang maritim, sedang mengkaji pembangunan PLTS di Labuan Bajo. Apalagi terkait Labuan Bajo yang telah ditetapkan sebagai satu dari sepuluh destinasi wisata unggulan Indonesia. Menko Luhut saat bertemu dengan awak media di Kantor Kemenko Maritim beberapa hari lalu, mengatakan akan mengintegrasikan berbagai proyek infrastruktur penunjang dengan berbagai kementerian, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum – Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM).

Selanjutnya, imbuh Menko Luhut, sehubungan dengan terbatasnya infrastruktur energi di Labuan Bajo, Pemerintah melalui koordinasi dari Kemenko Maritim juga sedang mengkaji pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), di destinasi wisata unggulan yang terkenal dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya tersebut.

”Labuan Bajo akan kita integrasikan dengan Kementerian PUPR, Kemenhub, Kemenpar, dan ESDM. Itu supaya semua prioritas pariwisata itu bisa tertangani secara terintegrasi. PLTS di sana mataharinya tinggi, ini sedang dikaji karena kami tak mau kurang di tourist destination. Listriknya harus baik, kebersihannya baik, semua terintegrasi dan semuanya mesti baik. Presiden ingin empat tourist destination bisa jalan. Otoritasnya sedang diurus, Perpres juga sedang berjalan,” tutupnya. (Pam)

LEAVE A REPLY