Pertamina Siapkan 5.000 Tenaga Terlatih untuk Proyek RDMP Balikpapan

0
728
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto ilustrasi: istimewa

Balikpapan, www.geoenergi.co.id – PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengadakan program CSR (Corporate Social Responsibility) berupa pelatihan bagi 5.000 tenaga lokal yang berpotensi menjadi calon pekerja proyek pengembangan kilang minyak (Refinery Development Masterplan Program /RDMP) di Refenery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelatihan tersebut dilaksanakn secara bertahap, dimana saat ini 30 lulusan SMK dan SMA dari 6 kelurahan sekitar wilayah ring I Kilang Balikpapan, tengah mengikuti pelatihan welder (juru las) di Balai Latihan Kerja ( BLK) Balikapan.

Region Manager Communication and CSR Kalimantan, Yudi Nugraha menyatakan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan nilai jual tenaga kerja di Kalimantan Timur untuk bersaing mendapatkan kesempatan bekerja.

Pelatihan tersebut difokuskan bagi masyarakat di sekitar area proyek yang akan dilatih dalam tiga bidang khusus yang relevan.

“Para calon pekerja yang berasal dari masyarakat sekitar area proyek akan dilatih dengan bidang khusus yang relevan dengan proyek yakni terkait penerapan HSSE, pendukung proyek seperti welder dan yang terkait dengan keahlian instrument,” katanya.

Total kebutuhan tenaga kerja proyek RDMP Balikpapan yang mencapai 25.000 orang mayoritas adalah tenaga kerja terlatih yang diharuskan menguasai teknologi atau skill tertentu, dan sebagian kecil di antaranya tenaga kerja pendukung seperti tenaga angkat, tenaga gali, supir, OB, dan cleaning service.

Pertamina membagi program pelatihan menjadi tiga kelompok yakni tenaga HSSE seperti safetyman, safety inspector, dan first aider dengan durasi pelatihan selama enam hari.

Kelompok kedua adalah tenaga terlatih bersertifikasi seperti welder, rigger, pipe filter, dan scaffolder dengan durasi pelatihan selama 60 hari.

Serta, kelompok ketiga adalah tenaga terlatih bidang khusus seperti intrumentation, electrical, structure/piping, dan civil/building selama 12 hari.

Pelatihan dapat menggunakan fasilitas di lima balai latihan kerja (BLK) milik Kementerian Ketenagakerjaan di Kaltim dan bisa pula ditambah BLK di wilayah Kalimantan lainnya. Total BLK di Kalimantan ada 35 unit. Lima BLK di Kaltim berlokasi di Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang. Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Paser.

Kepala BLK Balikpapan Suhartono menyatakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini BLK yang dipimpinnya tengah melatih 30 calon pekerja proyek yang sudah memasuki pelatihan selama 10 hari. ” Pelatihan akan kami fokuskan pada praktek karena kebutuhan tenaga kerja proyek yang siap turun ke lapangan. Perbandingannya 80 persen praktek, 20 persen teori,”tegasnya.

Yudi menambahkan pelatihan keahlian yang didapat dapat menjadi bekal berharga bagi penerima.manfaat, bahkan setelah proyek RDMP Pertamina selesai, karena mereka sudah menjadi tenaga kerja siap pakai bersertifikat

RDMP di Refinery Unit V Balikpapan bertujuan meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi dengan meningkatkan produksi BBM dan non-BBM, meningkatkan kualitas produk BBM dari Euro II menjadi Euro V, dan nilai ekonomi kilang Pertamina.

Setelah RDMP, kapasitas pengolahan RU V Balikpapan akan bertambah 100.000 barel minyak mentah per hari atau naik 38 persen dari sebelumnya 260.000 barel per hari menjadi 360 ribu barel per hari. RDMP Balikpapan juga akan menambah produksi gasoline hingga 38 persen atau 100.000 barel per hari yang sekaligus mengurangi impor hingga 20 persen.

Selain itu, produk Solar bertambah 23 persen atau 30.000 barel per hari yang sekaligus mengurangi porsi impor 17 persen, LPG bertambah hingga 800 persen atau 930.000 ton per hari, dan menghasilkan produk baru propilen sebesar 230.000 ton per tahun.

Selanjutnya, proyek akan memberikan dampak berantai (multiplier effect) yang positif bagi pemerintah dan ekonomi masyarakat berupa peningkatan GDP hingga US$ 1,6 miliar. Proyek RDMP Balikpapan akan berjalan selama 43 bulan dengan tahapan pada Desember 2017 adalah penyelesaian FEED.

RDMP Balikpapan merupakan satu dari enam megaproyek kilang yang akan dijalankan Pertamina. Keenam megaproyek kilang itu terdiri atas empat proyek perluasan (refinery development master plan/RDMP) dan dua proyek pembangunan baru (grass root refinery/GRR). (pam)

LEAVE A REPLY