Setelah Renovasi, Istora Senayan Pakai LED Hemat Energi

0
549

Jakarta, geoenergi.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Istora Senayan, Rabu (24/1) mengatakan, Istora Senayan telah direnovasi sejak September 2016 dan selesai pada Desember 2017. “Di AsianGames 2018 nanti Istora akan digunakan sebagai ajang pertandingan bulutangkis dan basket. Selepas AsianGames 2018 diharapkan juga bisa menjadi tempat berbagai kegiatan seni dan kultural, seperti live music,” katanya.

Renovasi Istora memadukan gaya masa kini dan masa lampau dengan tetap menjaga keaslian bangunan yang memiliki nilai historis, sambungnya. Terdapat beberapa kursi panjang yang terbuat dari kayu jati yang dipertahankan. Pasalnya, kursi kayu tersebut sudah ada sejak tahun 1962.

istora senayan 1

“Pembangunannya tetap menjaga unsur heritage, di mana beberapa bangku lama tetap dipertahankan, agar kita tetap bisa melihat elemen sejarah dari gedung ini,” kata Basuki Hadimuljono.

Untuk daya tampung Istora, sebelum direnovasi adalah 10.000 penonton dengan kursi kayunya. Sedangkan pasca renovasi, Istora menggunakan kursi tunggal lipat dengan kapasitas tampung 7.166 penonton.

“Renovasi juga menyentuh sistem pencahayaan yang kini menggunakan lampu LED yang sesuai standar internasional berkekuatan 2000 lumens namun tidak menimbulkan panas berlebih,” pungkas Basuki. (pam)

LEAVE A REPLY