PLN Peduli Bangun Jembatan Gantung Leuwikuning Ciamis

0
130
foto: Humas PLN Disjabar

Ciamis, geoenergi.co.id – PT PLN (Persero) melalui program PLN Peduli akhirnya meresmikan pembangunan Jembatan Gantung Leuwikuning di Desa Kartabumi Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Selasa (6/2). Peresmian jembatan gantung yang dibangun dalam dua bulan ini dihadiri Bupati Ciamis Iing Syam Arifin dan General Manager PLN Iwan Purwana.

Pembangunan Jembatan Leuwikuning merupakan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat. Sebelumnya, kondisi jembatan yang menghubungkan Desa Cisaga dan Desa Kertabumi ini sangat memprihatinkan. Jembatan hanya ditopang bambu-bambu yang cukup renggang, sehingga sangat rawan apabila dilewati. Saat itu bahkan kendaraan bermotor tidak bisa lewat karena kontruksinya yang sangat rapuh. Padahal fungsi dan manfaat jembatan ini sangat vital untuk mobilitas warga setempat. Karena kondisinya yang memprihatinkan, banyak warga yang harus memutar dan menggunakan jembatan lain, serta menempuh jarak 3 km jauhnya.

“Tugas PLN tak hanya melistrik seluruh masyarakat. Namun, kami juga memiliki tanggup jawab sosial, salah satunya melalui pembangunan jembatan ini,” ujar Iwan.

Bupati Ciamis mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN Distribusi Jawa Barat atas pembangunan Jembatan Leuwikuning. Beliau juga menghimbau masyarakat agar menjaga dan merawat jembatan itu.

“Saya titipkan jembatan ini kepada masyarakat, kita wajib bersyukur atas bantuan dan partisipasi PLN kepada masyarakat,” ungkap Arifin.

Bantuan yang diberikan PLN Peduli senilai Rp 200 juta digunakan untuk membangun dan merevitalisasi jembatan sepanjang 55 m, lebar 1,2 m dan tinggi 3 m. Konstruksi jembatan berupa kawat terbentang sepanjang 55 m, besi UNV penahan hambalan dan hambalan pelat besi /bordes. Kondisi ini tentunya jauh lebih baik dibandingkan konstruksi bambu yang sebelumnya digunakan untuk menopang jembatan.

Setelah melalui proses pembangungan selama kurang lebih dua bulan lamanya, jembatan gantung ini sudah layak untuk dilewati kendaraan bermotor roda dua dan sangat aman bila dilewati warga.

Di wilayah Kabupaten Ciamis, pada 2017, PLN Peduli telah menyalurkan bantuan dengan total Rp 846.124.000,- dengan rincian :

Program Pemberdayaan Pesantren Miftahul Ulum Bangunsirna Kab. Ciamis sebesar Rp 124.000.
Perbaikan Ruang Kelas dan Ruang Guru Madrasah Ibtidaiyah Pasawahan – Dusun Ciakar RT 001 RW 001 Desa Pasawahan Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis Senilai Rp 125.000.000.
Pembangunan Jembatan Gantung – Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Senilai Rp 200.000.000.

Bantuan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Barat tahun 2017 sebesar Rp 10.163.375.560 disalurkan di sektor pendidikan, kesehatan, pengembangan sarana umum, pengembangan sarana ibadah dan kegiatan keagamaan serta bantuan sosial dan pengentasan kemiskinan.

LEAVE A REPLY