PLN Listriki 991 Desa di Jabar

0
164
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: PLN

Garut, www.geoenergi.co.id – PLN bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan penyalaan jaringan listrik pedesaan tersebar di 991 desa sekaligus sebagai pencanangan program Jabar Caang 2018, menjadikan rasio elektrifikasi di Provinsi Jawa Barat sebesar 100% di tahun 2018.

Peresmian yang dipusatkan di Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut ini dihadiri oleh Direktur PLN Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana, Dinas ESDM Jawa Barat, dan Bupati Garut.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa dirinya optimis program Jabar Caang 2018 yang didukung PLN dan Dinas ESDM dapat terwujud.

“Dulu di tahun 2008 saat saya pertama kali sebagai gubernur rasio elektrifikasi di Jawa Barat hanya sekitar 65%. Sekarang dalam kurun waktu 10 tahun sudah tercapai 99,87%. Saya sangat berterimakasih kepada PLN yang sudah 17 tahun bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program listrik pedesaan untuk mencapai 100% pada tahun 2018 ini,”ungkap Ahmad Heryawan.

Senada dengan Gubernur, Amir Rosidin menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung realiasi pembangunan jaringan listrik untuk desa melalui inisiatif dengan menyisihkan anggaran APBD untuk biaya penyambungan listrik bagi warga tidak mampu.

“Karena seringkali listriknya sudah siap namun masyarakat tidak mempunyai kemampuan ekonomi untuk menyambungkan listrik. Kami berharap setelah terwujudnya Jabar Caang terjadi peningkatan konsumsi listrik masyarakat untuk aktivitas yang produktif sehingga memberikan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi,” ujar Amir.

Di pihak lain, mewakili warga desa yang dilistriki, Kepala Desa Sukalilah Asep Haris mengungkapkan perubahan cara warga desa memperoleh listrik dulu dengan sekarang.

“Warga saya untuk menikmati listrik harus menyambung dari rumah warga lain atau nyolok selama bertahun-tahun. Selain tidak aman, listrik yang dinikmati juga sangat terbatas. Alhamdulillah sekarang sudah dapat jaringan listrik secara merata. Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah dan juga PLN telah menerangi desa kami,” ujar Asep.

Dalam merealisasikan program listrik pedesaan, total anggaran investasi yang digunakan sepanjang tahun 2017 ini mencapai 144 Milyar Rupiah. Dana tersebut digunakan untuk penambahan jaringan listrik sepanjang 243,432 kms jaringan tegangan menengah (JTM), kemudian 782,28 kms jaringan tegangan rendah (JTR) dan 17,3 MVA gardu distribusi.

Seluruh infrastruktur tersebut dioptimalkan untuk menjangkau wilayah willayah pemukiman yang sulit dijangkau dengen keterbatasan sarana prasarana juga kondisi alam dan cuaca yang relatif sulit diprediksi.

Dalam kesempatan ini Gubernur Jawa Barat menyerahkan penghargaan khusus kepada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sebagai perusahaan yang konsisten melaksanakan penyambungan listruk di pedesaan dan telah menjalin kerjasama dengan Pemprov Jabar selama 17 tahun. (pam)

LEAVE A REPLY