Philips Lighting Pencahayaan untuk Internet of Things

0
606

Frankfurt, geoenergi.co.id – Pada pameran dagang Light + Building 2018, Philips Lighting (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia dalam pencahayaan, secara lebih lanjut menggarisbawahi posisinya sebagai perusahaan pencahayaan untuk Internet of Things (IoT), dengan mengumumkan sebuah platform IoT serta sistem dan layanan pencahayaan terkoneksi.

Pengumuman utama perusahaan mencakup platform IoT baru bernama Interact, yang merupakan landasan untuk menghasilkan layanan data-enabled bagi pelanggan.

Bagi konsumen, produk yang disorot dalam pameran ini termasuk berbagai luminer, lampu LED dekoratif yang bergaya, serta para mitra baru dan rangkaian produk luar ruang (outdoor) untuk sistem pencahayaan rumah pintar yang populer, Philips Hue.

“Reputasi kami untuk inovasi dalam industri ini tidak tertandingi dan tahun ini kami telah meningkatkan standar bahkan lebih tinggi lagi. Rangkaian inovasi LED terbaru kami mulai dari lampu berpenampilan vintage yang indah untuk melengkapi sejumlah atau luminer kantor kami yang paling populer dengan LiFi, sebuah teknologi pengubah peta permainan (game-changing) yang memungkinkan koneksi internet broadband melalui gelombang cahaya,” ujar Eric Rondolat, CEO, Philips Lighting. “Dan karena pencahayaan menjadi sangat pintar, platform Interact Internet of Things kami akan menciptakan layanan data-enabled bagi para pelanggan yang memberikan manfaat melebihi sekedar penerangan.”

Platform IoT

Hari ini, Philips Lighting mengumumkan sebuah platform IoT, yang disebut Interact. Platform Interact dirancang untuk menangani data yang dikumpulkan dari titik cahaya terkoneksi, perangkat sensor dan sistem yang jumlahnya semakin meningkat. Platform berbasis cloud yang sangat aman dan terskalakan menggunakan kemampuan pengelolaan data dan pemrosesan data yang canggih dan modern, termasuk pembelajaran mesin, untuk mengartikan segala jenis data – menciptakan layanan berbasis data bagi para pelanggan yang akan memberikan manfaat melebihi penerangan semata.

Sistem pencahayaan terkoneksi Interact

Interact juga merupakan nama sistem pencahayaan terkoneksi yang tidak hanya akan mendukung pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pencahayaan mereka, namun juga dapat menghasilkan dan mengunggah data ke platform Interact IoT. Saat ini tersedia:

• Interact City untuk pencahayaan ruang publik, jalan raya, jalan, kawasan pejalan kaki, taman dan alun-alun
• Interact Landmark untuk pencahayaan arsitektural
• Interact Office untuk kantor dan bangunan komersial
• Interact Retail untuk ritel besar dan toko makanan
• Interact Sports untuk stadion

Masih dalam tahun ini, Philips Lighting juga akan meluncurkan Interact Industry, yang disiapkan bagi kebutuhan pencahayaan spesifik untuk pabrik, gudang dan pusat logistik.

Pencahayaan yang memandu anda ke kelas anda

Philips Lighting telah melengkapi Hamdan Bin Mohammed Smart University (HBMSU) di Dubai dengan lampu LED terkoneksi mutakhir yang dikendalikan oleh sistem Interact Office. Sistem pencahayaan terkoneksi ini mendukung komitmen universitas dalam menggunakan teknologi agar lingkungan belajar menjadi lebih menarik, adaptif dan menyatu. Alih-alih menggunakan sakelar lampu, pencahayaan HBMSU dikendalikan oleh: sensor hunian pada luminer yang mendeteksi keberadaan orang, menyalakan dan mematikan pencahayaan; dengan penyesuaian otomatis tingkat cahaya sesuai dengan ketersediaan cahaya alami; menggunakan aplikasi telepon/tablet pintar atau dari konsol pusat. Staf fakultas dapat mengontrol pengaturan cahaya menggunakan aplikasi telpon pintar, sementara siswa dapat dipandu ke ruangan menggunakan aplikasi yang bekerja dengan teknologi navigasi dalam ruang (indoor navigation) milik perusahaan. Interact Office terintegrasi dengan Sistem Manajemen Gedung universitas. Informasi tentang konsumsi energi, kinerja setiap titik lampu dan tingkat hunian masing-masing ruangan dapat diakses dengan satu klik pada tetikus.

Philips Lighting kenalkan LiFI: data broadband melalui cahaya

Sebagai perusahaan pencahayaan untuk Internet of Things, Philips Lighting adalah perusahaan pencahayaan global utama pertama yang memasukkan kemampuan LiFi untuk luminer ke dalam portfolio pencahayaan kantor yang telah ada. LiFi merupakan teknologi nirkabel dua arah berkecepatan tinggi yang serupa dengan WiFi namun menggunakan gelombang cahaya dan bukan gelombang radio untuk mengirimkan data dengan cara yang sangat aman. Luminer kantor milik Philips Lighting yang diaktifkan dengan teknologi LiFi memberikan koneksi broadband dengan kecepatan 30Mb per detik (Mb/s), tanpa mengorbankan kualitas pencahayaan. Pada 30Mb/s, pengguna dapat secara bersamaan menjalankan beberapa video berkualitas HD sambil melakukan panggilan video. Icade, perusahaan investasi real estat Prancis, merintis teknologi canggih baru ini di kantor pintarnya di La Defense, Paris.

Kekuatan tenaga surya

Philips Lighting telah mempercepat dukungan strategisnya bagi pencahayaan bertenaga surya dengan diluncurkannya produk dan sistem generasi terbaru. Termasuk di dalamnya lentera surya Philips LifeLight, yang dilengkapi dengan baterai yang dapat diganti sehingga memperpanjang umur produk, dan lampu jalan surya all-in-one yang inovatif – Philips SunStay – yang mengkombinasikan panel surya, luminer, control pengisian dan baterai dalam satu rumah lampu. Selain itu, untuk mengilustrasikan potensi luas teknologi pencahayaan tenaga surya, perusahaan mengumumkan instalasi pencahayaan jalan umum bertenaga surya skala besar di India dan 700 set penerangan jalan umum tenaga surya terkoneksi dengan kemampuan pengawasan jarak jauh serta analisa data di Thailand.

Smart Fusion Pole: pencahayaan LED berkualitas dan konektivitas mobile berkapasitas tinggi di satu tiang jalan

Kurang dari sebulan yang lalu, Philips Lighting dan American Tower Corporation menyingkap proyek Smart Fusion Pole pertama mereka di Amerika Serikat. Kedua perusahaan ini telah mengembangkan tiang lampu pertama yang dirancang secara estetika, yang menyatukan penerangan jalan LED berkualitas dan hemat energi dengan kemampuan nirkabel yang dapat mendukung layanan dari beberapa operator jaringan seluler di satu tiang tunggal. LED Smart Fusion Pole dirancang untuk digunakan di jalan raya, jalan-jalan dan tempat parkir, dan meningkatkan akses broadband nirkabel di daerah perkotaan yang padat seraya memberikan kualitas, pencahayaan LED terkendali yang dapat menghemat listrik hingga 50% dibandingkan pencahayaan konvensional. Kota Huntington Beach di California adalah kota pertama yang menerapkan 200 Smart Fusion Poles.

Mempercepat transisi ke LED

Philips Lighting baru-baru ini mengumumkan dua inovasi terbaru untuk membuat peralihan ke pencahayaan LED lebih mudah lagi, yaitu Philips TrueForce LED Road dan Philips CorePro LEDtube Universal T8. Philips TrueForce LED Road adalah lampu LED SON-T pengganti ‘pasang dan nyalakan’ untuk penerangan jalan, sehingga memudahkan untuk memutakhirkan instalasi yang ada ke LED tanpa harus mengganti luminer. Philips CorePro LEDtube Universal T8 adalah rangkaian terobosan lampu tabung yang sangat terjangkau bagi para pelanggan perdagangan, yang membuat penggantian lampu tabung semudah memasang lampu tabung neon.

Perusahaan juga mengumumkan peluncuran koleksi lampu LED terbaru. Koleksi LED Philips deco menambahkan sentuhan kontemporer baru pada tren pencahayaan bergaya industri dan menampilkan bohlam LED berfilamen besar dan sangat bergaya yang dirancang untuk dinikmati mata. Rangkaian bohlam LED modern raksasa Philips deco yang baru memiliki desain unik dan ramping, cocok untuk rumah bernuansa industri yang chic. Bohlam LED raksasa berwarna abu-abu tua, dengan filamen vertikal tunggal yang tipis, menciptakan suasana yang segar dan bersih. Rangkaian LED raksasa Philips deco vintage ini menggabungkan bohlam LED raksasa dengan filamen berputar yang rumit untuk menghasilkan suasana nyaman dan hangat. Rangkaian LED raksasa vintage Philips deco yang baru akan tersedia di seluruh Eropa mulai Mei 2018. Rangkaian LED raksasa Philips deco modern akan tersedia di seluruh Eropa mulai bulan Juli 2018.

Philips Hue merambah keluar ruangan

Philips Hue, sistem pencahayaan terkoneksi untuk rumah yang terkemuka di dunia, sekarang mencakup rangkaian produk Philips Hue luar ruang (outdoor) yang baru. Produk Philips Hue outdoor yang baru ini termasuk luminer dinding Hue putih; lampu tiang dan pedestal Hue putih; lampu spot dan bollard Hue bernuansa putih dan berwarna. Hue outdoor memberi pelanggan kebebasan untuk memperluas fitur dan fungsi Hue ke area luar manapun, baik itu taman, teras atau balkon, untuk memberikan ketenangan pikiran atau untuk menciptakan momen luar ruang yang sempurna. Seperti semua produk Philips Hue, rangkaian Philips Hue outdoor sepenuhnya kompatibel dengan ekosistem Philips Hue dan bekerja dengan cara yang sama seperti rangkaian produk dalam ruangan.

Philips Lighting juga mengumumkan tiga mitra ‘Friends of Hue’ baru yang menawarkan konsumen sakelar dinding dalam berbagai desain yang kompatibel dengan Hue, yang mengubah saklar lampu tradisional menjadi pengontrol pintar untuk Philips Hue. Mitra Friends of Hue yang baru merupakan produsen kontrol pencahayaan terkemuka di Eropa: Feller, Niko dan Vimar. (pam)

LEAVE A REPLY