PLN Komitmen Dukung Investasi di Ternate

0
464
Penandatanganan-MoU-PLN-Area-Ternate (foto: PLN)

Ternate, geoenergi.co.id – PLN terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan listrik yang cukup untuk kebutuhan investasi di berbagai daerah di Indonesia termasuk Ternate.

PLN memastikan pasokan listrik di sistem Ternate-Tidore sudah memiliki cadangan daya sebesar 21,5 Megawatt (MW). Daya ini berasal dari selisih daya mampu sistem sebesar 49,5 MW dengan beban puncak sebesar 28 MW.

Manajer Senior Niaga Dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Maluku Dan Maluku Utara Helmi Ahmad Bantam mengatakan kesediaan daya listrik PLN sanggup menopang kegiatan bisnis dan perindustriandi Ternate.

“Kami berharap dengan jumlah daya yang saat ini tersedia di Ternate dapat dimanfaatkan oleh para calon pelanggan untuk tidak ragu menggunakan listrik dari PLN ataupun yang sudah menjadi pelanggan dari PLN untuk tidak ragu menambah daya listriknya,” kata Helmi.

“Hal ini kami dukung juga melalui berbagai kemudahan pelayanan yang kami berikan untuk pelanggan”, tambah Helmi di sela-sela kegiatan Temu Pelanggan Potensial dan Stakeholder yang dilaksanakan oleh PLN di Ternate pada hari Rabu (2/5) kemarin.

Helmi juga menambahkan bahwa dengan ketersediaan daya yang cukup tersebut diharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) serta instansi-instansi yang terkait dapat bersinergi dengan PLN untuk mengundang investor agar dapat berinvestasi di Ternate guna mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Tawaran PLN inipun disambut baik oleh kalangan pebisnis di Ternate, salah satunya adalah pengusaha mal yang melakukan tambah daya listrik.

“Sebagai kepercayaan kami kepada PLN, saat ini kami (Jatiland Mall) telah menambah daya dari 1.380 kVA menjadi 2.185 kVA. Tidak menutup kemungkinan bahwa kami juga akan tambah lagi”, ujar Operation Manager Jatiland Mall Ternate Riva Sopacua.

Sebagai catatan, pada Triwulan 1 tahun 2018, jumlah daya tersambung pada seluruh wilayah kerja dari PLN Area Ternate sendiri sebesar 6.180.000 VA dengan jumlah pelanggan bisnis dan industri yang berjumlah 5.162 pelanggan.

Hal ini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Triwulan 1 tahun 2016 dengan jumlah 4.055.700 VA dan Triwulan 1 tahun 2015 dengan jumlah 3.316.550 VA. Sedangkan daya tersambung pada Triwulan 1 tahun 2018 di Kota Ternate sendiri mencapai jumlah 3.468.300 VA. (pam)

LEAVE A REPLY