Universitas Pertamina Membuka Peluang Kerja Sama di Bidang Pengembangan Institusi

0
361

Jakarta, geoenergi.co.id – Guna mewujudkan Visi Universitas Pertamina menjadi perguruan tinggi kelas dunia yang dapat berkontribusi untuk masyarakat Indonesia, Universitas Pertamina terus menjajaki kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri, salah satunya dengan menerima kunjungan sejumlah universitas yang tergabung dalam Government Linked Universities (GLU), aliansi universitas yang dimiliki oleh organisasi di bawah pemerintah Malaysia yang terdiri dari Universiti Teknologi Petronas (UTP), Universiti Kuala Lumpur (Uni-KL), Multi Media University (MMU), dan Universiti Tenaga Nasional (UNITEN).  Kunjungan yang dilakukan pada hari Rabu (01/08/2018) merupakan bagian dari rangkaian kunjungan GLU ke Aliansi Perguruan Tinggi berbasis BUMN (Aperti BUMN), salah satunya Universitas Pertamina yang merupakan anggota aliansi tersebut.

Pertemuan sejumlah universitas yang tergabung dalam GLU dan Universitas Pertamina bertujuan menjalin kerja sama dalam bidang penelitian, pertukaran mahasiswa, program magang, dan bidang-bidang lainnya. Kerja sama tersebut memiliki nilai strategis mengingat GLU dan Universitas Pertamina memiliki kedekatan secara geografis.  “Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak dan tentunya para mahasiswa untuk memperoleh  pengetahuan dan pengalaman baru yang akan berguna untuk mereka di masa yang akan datang,” imbuh Prof. Akhmaloka Ph.D, Rektor Universitas Pertamina, yang saat  ini menjadi Ketua Aperti BUMN. Prof. Akhmaloka Ph.D menuturkan kerja sama GLU dengan Universitas Pertamina dan Aperti BUMN juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat internasional, khususnya di kawasan ASEAN, terhadap mutu pendidikan.

IMG-20180803-WA0008

Saat ini, Universitas Pertamina telah melaksanakan program pertukaran pelajar dengan sejumlah universitas luar negeri seperti IESEG (Perancis), National Institute of Technology, Akashi College (Jepang), Toyohashi University of Technology (Jepang), dan National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan). Ke depan, sejumlah mahasiswa Universitas Pertamina akan mengikuti program pertukaran pelajar dengan Universiti Teknologi Petronas (Malaysia) yang rencananya akan dilakukan pada bulan Agustus 2018. Selain melakukan pengembangan terhadap mahasiswa, Universitas Pertamina juga telah menjalankan program kolaborasi internasional  dalam bidang penelitian dengan Universiti Teknologi Petronas (Malaysia). (Pam)

LEAVE A REPLY