PLN Genjot Geliat Bisnis di Tahuna

0
242

Kepulauan Sangihe, geoenergi.co.id – PLN turut mendukung geliat bisnis di Tahuna dengan terpenuhinya kebutuhan listrik industri-industri Tahuna. Terdapat setidaknya 9 pelanggan bisnis baru yang menikmati listrik PLN dengan total daya 1.487 kilo Volt Ampere (kVa).

Sembilan pelanggan bisnis baru tersebut di antaranya adalah ICS Salibabu (197 kVa), PT Adi Putra Indotama (240 kVa), Rumah Sakit Pratama (131 kVa), PT EIAP (Wenus Sheliang) (197 kva), PT EIAP (Tommy Mogi) (131 kva), PT Gading Murni Perkasa (197 kva), PT Anugerah Dynasti Sakti II (197 kva), PT Anugerah Dynasti Sakti I (197 kva), PPI Salibabu Dalum (197 kva).

General Manager PLN Wilayah Sulutenggo Edison Sipahutar mengatakan, PLN akan terus mendukung penuh berkembangnya perekonomian Sulawesi Utara termasuk di Tahuna.

“Kita akan terus mendukung perkembangan ekonomi Sulawesi termasuk di Tahuna, yang perekonomiannya didukung oleh listrik PLN.” Kata Edison.

Lebih lanjut Edison menjelaskan kondisi kelistrikan di Tahuna.

“Saat ini, daya mampu kelistrikan di Area Tahuna adalah 31,72 MW dengan beban puncak sebesar 15,09 MW. Ini menunjukkan bahwa PLN siap melayani kebutuhan listrik Tahuna. Sementara jumlah pelanggan PLN di Kab. Kepulauan Sangihe adalah 76.304 pelanggan,” jelas Edison.

Kepala Petugas PT Anugerah Dynasti Sakti l Yance yang menjadi salah satu pelanggan bisnis PLN di Tahuna mengatakan bahwa dengan menggunakan listrik PLN, biaya yang dikeluarkan sangat jauh lebih murah.

“Kita biasa membuat mix asphalt pakai solar 500 liter sehari, jadi untuk produksi sekitar 200 juta rupiah per bulan, dengan listrik PLN ini sebulan sekitar 32 juta rupiah,” kata Yance.

Lebih lanjut Yance menjelaskan bahwa dengan listrik PLN, keandalan produksi barang dapat lebih terjamin.

“Semenjak pakai listrik PLN, produksi kita jadi lebih optimal, pasokannya pun jauh lebih andal, pokoknya jadi terjamin,” lanjut Yance. (Pam)

LEAVE A REPLY