SHARE
Facebook
Twitter
foto: listrik.org

PALEMBANG, GEOENERGI –  PT PLN (Persero) Regional Sumatera bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar kegiatan Workshop Pengamanan dan Pengelolaan Lingkungan Aset Objek Vital/Objek Vital Nasional.

Workshop regional Sumatera ini  dilaksanakan di kantor PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan. Dan, workshop ini baru dilaksanakan pertama kali yang merupakan rangkaian Workshop Pengamanan Aset dan Objek Vital dan Pengelolaan Lingkungan Nasional untuk masing-masing regional.

Workshop dihadiri General Manager PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, M Ahsin Sidqi, Direktur Pengamanan Objek Vital POLRI, Brigadir Jenderal Polisi Drs. H. Ahmad Lumumba, S.H., Direktur Pengaduan Pengawasan Sanksi Administrasi KLHK, yang diwakili Vinda Damayanti, dan Kepala Divisi Kesehatan, Keselamatan Kerja, Keamanan dan Lingkungan (K3L) PT PLN (Persero), Helmi Najamuddin.

Helmi Najamuddin menyampaikan pemaparannya, sebagai wujud ketaatan dan mendukung pengelolaan lingkungan hidup, PLN telah menggunakan Sistem Manajemen Lingkungan, House Keeping, 3R (Reduce, Recycle, Reuse) dan Produksi Bersih, mengimplementasikan AMDAL/UKL-UPL serta melaksanakan program CSR.

Sedangkan Vinda Damayanti dari KLHK menjelaskan kasus lingkungan hidup dan kehutanan menjadi kasus yang ekstraordinari dan berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat. Untuk itu penanganannya perlu dukungan dari berbagai pihak. Upaya preventif dalam pengendalian dampak lingkungan meliputi perizinan dan instrumen pengawasan, sementara perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meliputi penerapan Hukum Administrasi, Hukum Perdata (penyelesaian sengketa) dan Hukum Pidana.

Selain itu, terkait pengamanan Objek Vital Direktur Pengamanan Objek Vital POLRI, Brigadir Jenderal Polisi Drs. H. Ahmad Lumumba, S.H. memaparkan aspek keamanan penting dalam pengelolaan objek vital nasional, karena berimplikasi cukup luas misalnya dapat menurunkan iklim investasi dan produktivitas industri. Untuk itu diperlukan kerja sama dalam menetapkan konfigurasi standard PAM di lingkungan objek vital nasional.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama Pengamanan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Aset Objek Vital Nasional di Regional Sumatera. Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini pengamanan pengelolaan Lingkungan Hidup dan koordinasi antara PLN, POLRI dan KLHK semakin baik dan dapat meningkatkan produktivitas di lingkungan PLN. (Pam)

Selain itu, acara ini juga sekaligus memberikan rasa keamanan publik terkait dengan perlindungan terhadap objek vital PLN dalam menyokong ketersediaan dan kesinambungan listrik untuk masyarakat.

Kontak :

Agung Murdifi

Manajer Senior Public Relations

Tlp. 021 7251234

Facs. 021 7227059

Email. agung.murdifi@pln.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY