SHARE
Facebook
Twitter
Ido Hutabarat (ki), Mardiono Hardianto (ka). (foto: Pam)

Jakarta, Geoenergi – Kepengurusan Baru API-IMA periode 2016-2018 telah terbentuk, karena itu untuk memperkenalkan Pengurus Baru API-IMA kepada seluruh Anggota API-IMA, maka pada hari Kamis 26 Mei 2016 di Hotel JS Luwansa, Jakarta diadakan acara  “Pisah-Sambut” Pengurus Baru dengan Pengurus Lama.

Dalam acara itu,  setelah dipilih sebagai ketua API IMA periode 2016 -2018, Ido Hutabarat, memberikan sambutan pertama kali dengan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mantan ketua API IMA 2014 – 2016 Martiono Hadiyoto. Diakui Ido sudah banyak sekali kontribusi yang diberikan Mardiono terhadap pertambangan di Indonesia. tentunya sebagai seorang senior di pertambangan, Ido berharap dapat berdiskusi lebih lanjut dengan Mardiono untuk kemajuan API IMA. Ido akan meminta pertimbangan pada para anggota yang duduk di badan pengawas.

API IMA

Adapun untuk 2016 sampai 2018, memang API IMA akan merecanakan lebih terbuka dan lebih banyak berhubungan dengan asosiasi lain atau institusi lain demi pengayaan bagi stakeholder di API IMA. Saat ini diakui Ido API IMA sedang disibukkan oleh revisi UU No.4 tahun 2009 dan soal motratorium tambang. “Ini satu hal yang mencemaskan bagi para pengusaha tambang. Itulah dua hal yang  sangat penting saat ini dan harus diperhatikan bagi API IMA dan masyarakat pertambangan,” katanya.

Untuk revisi UU No.4 tahun 2009, API IMA sudah menyampaikan hal-hal yang menjadi concern kepada pemerintah dan juga kepada pihak-pihak lain. Karena itu Ido berharap pemerintah bisa mempertimbangkan. “API IMA tetap sebagai mitra pemerintah. Karena perusahaan di bawah API IMA harus bermitra dengan pemerintah. Jika tidak bermitra dengan pemerintah bagaimanapu tidak bisa menjalankan bisnisnya,” tegasnya.

Mengenai Undang-undang seperti yang disampaikan Mardiono betul sekali bahwa sebuah UU juga harus memperhatikan sisi komersialnya. Program IMA yang baru dicanangkan juga adalah setiap bulan akan mengadakan sharing dengan perusahaan yang berada di bawah API IMA. Perusahaan dapat mengemukakan apa masalahnya, bagaimana operasional, apa yang telah dicapai, apa yang sudah diberikan pada stakeholder.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY