GE Raih Gelar Sebagai Pembangkit Listrik Paling Efisien dari Guinness World Records

GE Raih Gelar Sebagai Pembangkit Listrik Paling Efisien dari Guinness World Records

45
0
SHARE
Facebook
Twitter

Jakarta, Geoenergi – GE dan Électricité de France (EDF) secara resmi mulai mengoperasikan pembangkit listrik gabungan tenaga gas dan uap pertama yang dilengkapi dengan turbin HA dari GE di Bouchain, Perancis. Hal ini sekaligus menandai lahirnya era baru dari integrasi teknologi pembangkit tenaga listrik dengan teknologi digital. Pembangkit listrik GE juga diakui oleh Guinness World Records sebagai pembangkit listrik gabungan tenaga gas dan uap paling efektif berdasarkan tingkat efisiensi 62,22% yang diukur pada pembangkit listrik di Bouchain.

“Dengan pembangkit listrik ini, kami membuat sejarah baru untuk masa depan,” kata Steve Bolze, President and CEO of GE Power Selasa (21/6).

Lebih lanjut dia engungkapkan “Kami senang diakui oleh Guinness World Records karena merealisasikan pembangkit listrik gabungan tenaga gas dan uap yang paling efisien di seluruh dunia. Kami juga bangga dengan fleksibilitas dan keandalan yang diberikan turbin ini kepada konsumen. Kami harap dapat terus menyediakan pelayanan dan bekerja sama dengan EDF untuk memastikan pembangkit listrik di Bouchain dapat tetap beroperasi dengan baik bertahun-tahun kemudian.”

Untuk mencapai tingkat efisiensi yang belum pernah diraih perusahaan manapun sebelumnya, turbin gas HA dari GE mampu mencapai tenaga penuh dan siap beroperasi dalam waktu kurang dari 30 menit setelah diaktifkan, jauh lebih fleksibel dari sebelumnya. Hal ini membuka jalan bagi penggunaan energi terbarukan secara lebih baik karena memungkinkan para mitra untuk segera menanggapi permohonan fluktuasi grid, mengintegrasikan energi terbarukan ke dalam grid dan dengan segera beradaptasi dengan perubahan cuaca. Kemajuan teknologi ini mendukung perjanjian Paris COP21 yang baru-baru ini disetujui, di mana 195 negara sepakat mengurangi emisi gas rumah kaca, sehingga memperbesar kebutuhan tenaga listrik yang lebih bersih.

“Dengan meresmikan pembangkit listrik baru ini, EDF memperlihatkan komitmennya untuk mengaplikasikan teknologi terbaik yang ada ke pasar, agar pembangkit listrik Perancis ini dapat berfungsi secara lebih efisien sekaligus mendukung transisi energi. Hal ini juga memperkokoh komitmen inovasi EDF di bawah program CAP 2030,” kata Jean-Bernard Lévy, CEO EDF. “

Pembangkit listrik Bouchain juga mendemonstrasikan kemampuan pembangkit listrik digital GE, yang memungkinkan pencapaian efisiensi tingkat tinggi yang berhasil memecahkan rekor dunia dengan memanfaatkan daya pembangkit yang sebelumnya belum digunakan. Beberapa kapabilitas pembangkit listrik yang baru ini di antaranya adalah sistem kontrol digital, menggunakan data real time untuk memberikan tenaga listrik yang lebih stabil dan efisien, sembari menyediakan prediksi kinerja operasional untuk optimasisasi dan keandalan yang lebih tinggi.

Dengan menghasilkan listrik lebih dari 605 MW, pembangkit listrik Bouchain akan menghasilkan listrik yang cukup bagi lebih dari 680.000 rumah.

“Hari ini merupakan tonggak sejarah yang penting di industri kami, sejarah yang tak mungkin dicapai tanpa kerja keras dan dedikasi dari karyawan GE dan EDF di seluruh dunia yang berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi energi di masa depan,” kata Joe Mastrangelo, President and CEO of Gas Power Systems for GE Power. “Dengan memafaatkan GE Store, kami dapat berkolaborasi dalam inisiatif ini dan memadukan perangkat keras dan lunak yang tepat, dan juga tenaga ahli, hingga dapat memberikan hasil seperti ini.” (Pam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY