Kapal MT Andhika Arsanti Bawa Minyak Pertamina, Ditangkap Saat “Kencing” Ditengah Laut

Kapal MT Andhika Arsanti Bawa Minyak Pertamina, Ditangkap Saat “Kencing” Ditengah Laut

317
0
SHARE
Facebook
Twitter
foto: istimewa

Jakarta, geoenergi – PT Pertamina (Persero) memastikan untuk memutus kontrak charter MT Andhika Arsanti setelah tertangkap tangan melakukan pemindahan minyak milik Pertamina secara tidak sah ke kapal lain.

Dalam siaran persnya, Kamis (30/06), Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyatakan MT Andhika Arsanti yang disewa perusahaan untuk mengangkut minyak mentah ke RU III Plaju ditangkap oleh Polairud pada Kamis, 23 Juni 2016 dini hari di sekitar Muara Sungai Musi, saat sedang memindahkan muatan secara tidak sah ke kapal MT Merlion 2 berbendera Panama. Kapten Kapal dan Mualim 1 kapal telah ditetapkan tersangka.

“Begitu selesai dibongkar, kami pastikan kontrak kapal langsung kami putus. Selain itu, kami akan perhitungkan berapapun minyak yang sudah mereka pindahkan secara illegal kepada pihak lain. Kami berharap ketegasan Pertamina dapat memberikan efek jera kepada siapapun oknum yang masih mencoba-coba melakukan tindakan tidak terpuji di tengah upaya Pertamina terus menekan losses pasokan minyak,” tegas Wianda.

Pertamina siap bekerjasama dengan Polairud untuk menuntaskan kasus penangkapan kapal yang mengangkut minyak mentah sebanyak 54.310 barel tersebut. “Polairud telah meminta kami untuk ikut menyaksikan pengukuran muatan kargo dan kami siap memberikan informasi apabila diperlukan.”

Pertamina terus melakukan upaya pembenahan tata kelola arus minyak untuk menekan angka losses. Hingga Mei 2016,  Pertamina telah sukses menurunkan angka losses menjadi 0,19% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 0,34%. (Pam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY