SHARE
Facebook
Twitter
foto: Humas Batan

Serpong, www.geoenergi.co.id – Teknologi nuklir tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, melainkan dapat berperan dalam mendeteksi pencemaran udara. Hal itu dibuktikan oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) yang telah melakukan penelitian dengan menggunakan aplikasi teknik nuklir dalam meneliti kandungan logam berat di udara. Selain itu, dengan aplikasi teknik nuklirnya BATAN juga menghasilkan plastik yang diklaim ramah lingkungan.

Banyak hasil litbang BATAN yang dapat dimanfaatkan bersama dengan lembaga lain, salah satunya adalah karakterisasi dan identifikasi sumber pecemaran udara melalui aplikasi teknik nuklir. Aplikasi teknik nuklir juga telah digunakan dalam meneliti kandungan logam berat dalam tubuh manusia. Untuk memanfaatkan hasil litbang tersebut BATAN sangat berkepentingan untuk menjalin kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama BATAN, Falconi Margono pada penandatanganan Nota Kesepahaman antara BATAN dengan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2I – KLHK) di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KL) – KLHK, Gd. 210 Kawasan Puspiptek Serpong, Kamis (25/08).

Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Sekretaris Utama BATAN dan Sekretaris BP2I – KLHK bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas litbang dan inovasi bidang lingkungan hidup dan kehutanan dengan menggunakan iptek nuklir dalam rangka mendukung program pembangunan nasional.

Sekretaris BP2I – KLHK, Trijoko Mulyono pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa dengan adanya pemotongan anggaran dari pemerintah, sesama lembaga pemerintah agar dapat bersinergi memanfaatkan potensi NKRI yang ada untuk melaksanakan kegiatan penelitian guna mendorong percepatan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KL) – KLHK dengan Deputi Bidang Sains Aplikasi dan Teknologi Nuklir – BATAN. Kerja sama ini bertujuan untuk saling mendukung dalam litbang iptek dan knowledge sharing penelitian kualitas lingkungan hidup dan aplikasi teknik nuklir untuk karakterisasi dan identifikasi sumber pencemaran di udara. (Batan/Pam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY