Anak Sekolah di Bandung Diajarkan Pengelolaan Sampah

0
64
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: Humas PLN Disjabar

Bandung, www.geoenergi.co.id – PLN melalui program Bina Lingkungan PLN Peduli berpartisipasi dalam kegiatan Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan ini juga PLN menyerahkan bantuan kepada Bank Sampah Induk Kota Bandung sebesar Rp. 316.300.000,- . Adapun bantuan tersebut digunakan untuk peningkatan sarana Bank Sampah Induk Kota Bandung dan pendirian 10 unit Bank Sampah baru.

Sejak tahun 2014, PLN aktif membantu dan membina Bank Sampah Induk Kota Bandung. Di awal kerjasama, PLN telah menyalurkan satu unit motor roda tiga untuk keperluan angkutan sampah dari Bank Sampah unit ke Bank Sampah induk pada saat itu Bank Sampah Induk Kota Bandung membawahi 52 unit Bank Sampah.

Sedangkan di tahun 2016, PLN menyediakan lahan sewa dan dana untuk renovasi aset PLN serta untuk pengembangan operasional Bank Sampah, di akhir 2017 Bank Sampah Induk Kota Bandung membawahi 131 unit Bank Sampah di 54 kelurahan di Kota Bandung.

Saat ini transaksi dan pengelolaan Bank Sampah Induk Kota Bandung sudah dilakukan secara online melalui Aplikasi Bank Sampah, nasabah bank sampah dapat melakukan registrasi, bertransaksi dan mengecek saldo.

Bank Sampah ini telah berhasil mengurangi volume sampah yang diterima Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) karena sebagian sampah yang masih memiliki nilai ekonomi dapat dimanfaatkan. Bank sampah menerima sampah dari warga yang masih dapat dijual ditukar dengan uang yang juga bisa ditabung.

Kini, Bank Sampah Induk Kota Bandung mempunyai Ecomart, dimana warga dapat menukar sampah dengan voucher yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari , bahkan dapat digunakan untuk membayar tagihan dan token listrik PLN.

“Dengan adanya bantuan berupa peningkatan sarana dan prasarana dari PLN ini tentunya menjadi energi yang positif bagi kami untuk terus memasyarakatkan keberadaan Bank Sampah sebagai salah satu solusi dari permasalahan lingkungan.” terang Elis Solihat, Ketua Bank Sampah Hijau Lestari.

Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Barat

Sepanjang tahun 2017 kegiatan Bina Lingkungan yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat memberikan kontribusi nyatanya untuk masyarakat dengan menyerahkan bantuan dengan nilai total Rp. 10.163.375.560,- dengan total 88 program yang terealisasi. Bantuan terbesar diberikan untuk sektor pendidikan sebesar 7 M. (PLN/pam)

LEAVE A REPLY