Mudik, Pastikan Kondisi Kendaraan Layak Jalan

0
277

Jakarta, geoenergi.co.id – Mudik boleh jadi telah menjadi tradisi setiap warga di Indonesia yang mempunyai sanak saudara di kampung halaman di hari-hari besar tertentu, seperti Lebaran. Untuk mencapai kampung halaman, ada yang menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Agar perjalan mudik berlangsung lancar dan selamat sampai tujuan, perlu diadakan berbagai persiapan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan kondisi kendaraan yang hendak digunakan untuk mudik.

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa pada mobil sebelum melakukan perjalanan mudik antara lain:
images (24)

Oli
Oli adalah bagian terpenting yang perlu dicek saat melakukan persiapan kendaraan untuk mudik. Pastikan sebelum berangkat mudik oli mobil masih dalam kondisi baik dan tidak melewati dari batas pemakaian seharusnya.

Ban
Wajib memeriksa ban mobil menjelang mudik. Pastikan ban mobil tidak dalam kondisi kempes, botak, atau ada benjolan di permukaannya. Periksa juga tekanan anginnya. Jika mobil mengangkut bawaan penuh, tambah tekanan sesuai saran dari mekanik.

Rem dan Kaki-Kaki
Persiapan kendaraan untuk mudik selanjutnya adalah mengecek rem dan kaki-kaki. Rem dan kaki-kaki biasanya dua bagian yang sering kali lolos dari pemeriksaan sebelum berangkat mudik. Padahal kedua komponen ini sangat penting bukan saja untuk kenyamanan, tapi juga keamanan dalam berkendara.

Sistem kelistrikan
Periksa sistem kelistrikan mobil, mulai dari aki, lampu, dan wiper berjalan secara baik. Jangan sampai aki yang dipakai sudah mengalami gangguan alias soak. Perhatikan lampu yang dipakai untuk penerangan mobil, mulai lampu depan, lampu sen, lampu rem, lampu hazzard hingga lampu parkir. Jangan lupakan juga untuk memeriksa wiper, kelancaran gerak, karet hingga air yang ada di wadah wiper. (Pam/foto: istimewa)

LEAVE A REPLY