Direksi dan Pekerja Pertamina Bersihkan Pantai Bali

0
396
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Denpasar, www.geoenergi.co.id – Berkunjung ke Bali mengingatkan kita akan pantai yang tersebar di beberapa lokasi utama yang didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sebagai salah satu andalan destinasi wisata Indonesia, potensi kekayaan laut dan panorama pantai tersebut menjadi perhatian Pemerintah untuk dijaga kelestarian dan kebersihannya.

Untuk itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) bersama Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Ari Gumilar dan ratusan insan Pertamina serta Komunitas Trash Hero Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Clean Up) di sepanjang pantai Kuta Bali, Jumat (1/3).

Direktur utama Pertamina Nicke Widyawati yang turut serta mengumpulkan sampah menyatakan Pertamina mendukung penuh upaya Pemerintah dan masyarakat yang menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. Pantai yang banyak dikunjungi wisata umumnya menyisakan tumpukan sampah yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

“Saya sangat senang karena tidak terlalu banyak sampah yang saya dapat, itu artinya pantai ini tidak terlalu kotor, kebersihannya senantiasa terjaga,” ucap Nicke.

IMG-20190301-WA0025

Sebagai CEO BUMN Migas, Nicke tidak sungkan mengumpulkan sampah-sampah yang ia ditemukan di sepanjang pantai Kuta. Setiap sampah yang berhasil dipungut, langsung dimasukan ke dalam kantong sampah yang dibawanya. Apa yang dilakukan Nicke, diikuti oleh direksi dan seluruh insan Pertamina yang turut serta membersihkan sampah.

Berapa banyak sampah yang berhasil dikumpulkan Nicke? Setelah ditimbang seluruh sampah yang berhasil dikumpulkan Nicke, setidaknya ia mampu mengumpulkan 3 kilogram (kg) sampah. Sementara dari keseluruhan kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh jajaran Direksi dan para insan Pertamina, volume sampah yang terkumpul sebanyak 80 Kg.

Komunitas Trash Hero Indonesia, salah satu LSM Internasional peduli lingkungan yang bermarkas di Swiss dan sebagian besar aktif di Asia Tenggara terutama di Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, Myanmar, Kamboja, dan Filipina ini menilai kegiatan bersih-bersih pantai oleh Insan Pertamina sangat positif untuk mendorong masyarakat mengatasi masalah sampah di Bali.

“Kami mengapreasiasi langkah keterlibatan Insan Pertamina ikut serta melakukan bersih-bersih pantai. Karena sampah memang menjadi masalah yang belum teratasi apalagi dengan status Bali sebagai kota tujuan wisatawan yang tentu saja ada sisi negatifnya dengan meningkatnya volume sampah baik yang dari laut maupun dari para pengunjung,” kata Aksara, Ketua Komunitas Trash Hero Indonesia.

Kegiatan bersih-bersih pantai di Bali, merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Pertamina kerap melakukan kegiatan bersih pantai di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan lainnya yang dilakukan Pertamina terkait pelestarian lingkungan hidup antara lain penanaman mangrove, penanaman trembesi, konservasi alam dan hewan langka, sekolah tapal batas untuk pendidikan alam dan lain sebagainya. Bagi Pertamina, alam adalah sahabat sehingga tagline Pertamina Sobat Bumi senantiasa menjadi panduan dalam menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan. (Pam)

LEAVE A REPLY