PLN Perkuat Kelistrikan Pulau Sugi Bawah Kepulauan Riau

0
45
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

Karimun, www.geoenergi.co.id – PLN kembali mendatangkan mesin pembangkit berkekuatan 1.000 kW (kilo Watt) ke Pulau Sugi Bawah Karimun Kepulauan Riau. Sebanyak dua unit mesin diesel berkekuatan 1.000 KW pada hari minggu 18 September 2017 tiba di pelabuhan Pasir Pulau Sugi Bawah.

Masuknya pembangkit bermesin diesel ini akan menambah daya pasok di sistem 20 KV di Moro menjadi 1.900 KW. Sehingga terdapat cadangan daya 900 KW yang akan digunakan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik bagi 2.030 pelanggan di dua desa.

“Juga untuk melayani pelanggan baru termasuk pabrik es, mini cold storage yang selama ini beroperasi mengunakan genset sendiri, dan industri makanan ringan yang ada di Moro,” ujar Manajer SDM & Umum PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dwi Suryo Abdullah.

“Kami optimis dengan cadangan 900 kW nantinya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup warga pulau Sugi Bawah termasuk memajukan destinasi wisata di pantai Telunas. Apabila tidak ada hambatan dalam instalasi dua unit Genset berkapasitas 1.000 kW sinkron dengan Jaringan yang sudah ada kami upayakan pada minggu kedua Oktober 2017,” lanjut Dwi.

Upaya nyata untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan listrik di pulau terluar Indonesia telah dibuktikan PLN hal ini tidak lain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, selain juga untuk meningkatkan kecerdasan warganya dengan kemudahan dalam mendapatkan penerangan di malam hari untuk belajar sekaligus mengurangi pengunaan solar bagi pengusaha yg memiliki mini cold storage , pabrik es dan resort. (pam)

LEAVE A REPLY