Power of Friendship dari Turki Menuju Indonesia

0
1220
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto: istimewa

www.geoenergi.co.id – Turki, Empat kapal pembangkit tenaga listrik, termasuk dua kapal terbesar di dunia, telah siap untuk berlayar ke Myanmar, Ghana dan Indonesia. Upacara keberangkatan dan penglepasan empat kapal itu sekaligus menandai proses pembuatan 14 kapal pembangkit listrik baru yang akan selesai pada tahun 2017. Upacara keberangkatan ini dihadiri oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (13/11).

Karadeniz Holding merupakan perusahaan yang memiliki 13 armada kapal pembangkit tenaga listrik terbesar dunia. Saat ini Karadeniz terus mengembangkan armadanya. Empat kapal pembangkit listrik diantaranya dilepas berlayar dari Galangan Kapal Tuzla Sedef, Istanbul, Turki. Selain dihadiri oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, acara juga dihadiri oleh Perdana Menteri Binali Yidrim, Menteri Transportasi, Kelautan dan Komunikasi, Ahmet Arslan dan Chairman dari Galangan Kapal Sedef, Metin Kalkavan.

Karadeniz Powership Osman Khan dan Karadeniz Powership Onur Sultan saat ini merupakan “Kapal Pembangkit Tenaga Listrik Terbesar di dunia”, titel ini tercetus karena kapal ini memiliki kapasitas sebesar 480 MV dan memiliki panjang 300 meter. Kapal ini diselesaikan dalam jangka waktu sesuai jadwal.

Dua dari empat kapal yang dilepas untuk berlayar adalah Karadeniz Powership Osman Khan akan berlabuh di Afrika Barat, Ghana, dan Karadeniz Powership Onur Sultan akan berlabuh di Myanmar. Dua kapal lainnya Karadeniz Powership Gokhan Bey dan Karadeniz Powership Yasin bey, yang memiliki kapasitas 120 MW siap berlayar ke Indonesia.

Direktur Kar Powership Asia Pacific, Ufuk Berk ditempat terpisah mengatakan bahwa kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Gokhan Bey akan tiba di Lombok diperkirakan sekitar pertengahan Desember 2016. “Estimasi waktu kedatangan Gokhan Bey diperkirakan sekitar pertengahan Desember 2016 dan diperkirakan mulai beroperasi sebelum akhir Desember 2016,” kata Ufuk.
Saat ditanya tentang Karadeniz Powership Yasin Bey yang diluncurkan bersama Gokhan Bey, Ufuk menjelaskan bahwa Yasin Bey akan berlayar menuju Ambon setelah kapal Gokhan Bey‎ dan Dogan Bey berlayar. Yasin Bey akan tiba di Ambon sesuai waktu yang direncanakan sekitar kuartal pertama tahun 2017 mendatang.

Ufuk juga menambahkan tentang rencana kedatangan Karadeniz Powership Dogan Bey ke Kupang.‎ “Dogan Bey Yang berkapasitas 120MW ini diperkirakan tiba di Kupang juga sekitar pertengahan Desember 2016 dan direncanakan akan beroperasi sebelum perayaan Natal 2016. Dogan Bey akan berlayar setelah Gokhan Bey setelah semua persiapan selesai. Tentu saja waktu perkiraan tiba semua kapal pembangkit listrik tergantung dari kondisi laut dan cuaca diperjalanan.

Kar Powership mengisi kekosongan yang penting dalam kebutuhan energi global dengan berbagai kapal pembangkit listrik yang dimiliki. Kapal ini dikembangkan untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan listrik dari berbagai negara. Kapal pembangkit tenaga listrik ini sepenuhnya dirancang oleh insinyur dari Turki dan dibangun di Tuzla dan Yalova, Istanbul. Kapal pembangkit tenaga listrik sudah dikontrak untuk memasok 27% tenaga listrik untuk Lebanon, 22% untuk Ghana, 16% untuk Zambia dan 31% untuk Sulawesi Utara, sama besarnya dengan tambahan pasokan 15% dari total pembangkit listrik Irak dengan 3 kapal pembangkit tenaga listrik selama 6 tahun terakhir.

CEO Karadeniz Holding, Orhan Karadeniz menggaris bawahi bahwa ia memiliki armada kapal pembangkit tenaga listrik terbesar di dunia. “Sebagai Karadeniz Holding, kami merupakan perusahaan pertama di Turki yang mengekspor listrik. Diatas prestasi ini, kami juga telah membangun armada kapal pembangkit tenaga listik pertama dan terbesar dengan jumlah 13 kapal pembangkit tenaga listik dan memiliki kapasitas 2.700 MW. Bahkan, kapasitas kapal kami akan mencapai 4.500 MW, dengan penambahan 14 kapal pembangkit tenaga listrik yang akan kami mulai buat. Kapasitas yang kami miliki ini lebih tinggi daripada negara-negara lain di dunia. Sebagai pengusaha yang berasal dari Turki, kami sangat bangga dengan proyek kapal pembangkit tenaga listrik ini karena melibatkan usaha keras insinyur, pekerja, galangan kapal, bank, penanam modal dan lebih dari 2.000 pegawai Karadeniz Holding.”

14 kapal pembangkit tenaga listrik yang akan diselesaikan di akhir tahun 2017:
• Karadeniz Powership Orka Sultan 420 MW
• Karadeniz Powership Orhan Ali Khan 420 MW
• Karadeniz Powership İbrahim Bey 120 MW
• Karadeniz Powership Mehmet Bey 120 MW
• Karadeniz Powership Koray Bey 40 MW
• Karadeniz Powership Metin Bey 40 MW
• Karadeniz Powership Nezih Bey 40 MW
• Karadeniz Powership Göktay Bey 40 MW
• Karadeniz Powership Göksel Bey 40 MW
• Karadeniz Powership Faruk Bey 60 MW
• Karadeniz Powership Ebru Sultan 80 MW
• Karadeniz Powership Filiz Sultan 80 MW
• Karadeniz Powership Selma Sultan 80 MW
• Karadeniz Powership Sibel Sultan 80 MW

Kapal Pembangkit Tenaga Listrik Memberikan Solusi Ramah Lingkungan
Karpowership mengembangkan proyek kapal pembangkit tenaga listrik untuk mengimbangi peningkatan kebutuhan listrik dari berbagai negara terutama dari Timur tengah, Asia dan Afrika. Kapal pembangkit tenaga listrik, menyediakan energi secara cepat dengan biaya rendah untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek berbagai negara. Dengan secara langsung mengubungkan sebuah jaringan nasional suatu negara. Kapal pembangkit tenaga lstrik dibangung dengan proses ramah lingkungan yang sejalan dengan lingkup Lingkungan IFC (IFC Environmental), Pedoman Kesehatan dan Keselamatan (Health and Safety – EHS) untuk pembangkit listrik tenaga panas.(Pam)

LEAVE A REPLY