Gardu Induk dan Transmisi 275 kV Sarulla – Padang Sidempuan Beroperasi

0
354

Medan, geoenergi.co.id – PLN tengah melakukan penguatan sistem kelistrikan di Sumatera melalui pembangunan transmisi listrik 275 kilo Volt (kV) yang membentang dari Aceh hingga Lampung atau lebih dikenal dengan tol listrik Sumatera.

Pada 22 Maret 2018, PLN berhasil mengoperasikan bagian dari tol listrik yakni jalur Sarulla – Padang Sidempuan, Sumatera Utara, sekaligus juga mengoperasikan gardu induk (GI) Sarulla 2 x 250 Mega Volt Ampere (MVA) dan GI New Padang Sidempuan 250 MVA.

Transmisi dan GI 275 KV yang baru ini berfungsi untuk mengalirkan daya listrik dari pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Sarulla 220 Megawatt (MW) yang sebelumnya menggunakan transmisi 150 kV.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Octavianus Padudung mengatakan proyek tol listrik Sumatera menjadi tulang punggung dalam menyalurkan daya listrik dari Sumatera bagian selatan ke sistem Sumatera bagian utara.

“Tol listrik ini sekaligus disiapkan untuk mengevakuasi daya yang dihasilkan oleh pembangkit yang masuk dalam program 35.000 MW,” tambah Octavianus.

Octavianus menjelaskan bahwa pengerjaan transmisi dan GI Sarulla – Padang Sidempuan merupakan pekerjaan yang masif karena melibatkan beberapa kegiatan seperti normalisasi SUTET 275 kV Sarulla – Padang Sidempuan, uprating konduktor GI 150 kV Padang Sidempuan, serta energize trafo IBT GITET Sarulla dan New Padang Sidempuan.

“Tol Listrik ini diharapkan juga dapat mengimbangi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang kian meningkat. Potensi sumber daya listrik di Sumatera masih sangat besar khususnya pengembangan energi terbarukan yaitu PLTA dan Geothermal (panas bumi),” jelas Octavianus.

Sebagai informasi, bagian-bagian tol listrik 275kV yang sudah operasi adalah transmisi dari Lahat–Muara Bango 389 km sirkit, transmisi Payakumbuh–Padang Sidempuan 556,5 kilometer.(pam)

LEAVE A REPLY