PT Pertamina Lubricants Kembali Raih Nusantara CSR Award 2017

0
59
Share on Facebook
Tweet on Twitter

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Dengan komitmennya dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility melalui Creating Shared Value approach, PT Pertamina Lubricants kembali menerima penghargaan Nusantara CSR Award 2017 untuk dua kategori yakni “Peningkatan Mutu Pendidikan” dan “Peningkatan Ekonomi Masyarakat” dari The La Tofi School of CSR.

Penghargaan “Peningkatan Mutu Pendidikan” tersebut diberikan untuk kedua kalinya atas program kewirausahaan tenaga muda produktif Indonesia yakni “Enduro Student Program” (ESP). Enduro Student Program merupakan program tanggung jawab sosial Pertamina Lubricants khusus pendidikan perbengkelan roda dua dan magang / bekerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan, lingkungan dan perencanaan bisnis agar dapat membangun kemandirian ekonomi dalam jangka panjang, terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), praktek kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahaan, serta pendampingan usaha perbengkelan yang telah resmi diluncurkan tahun 2016.

Program ini telah menjaring 100 anak lulusan SMK di wilayah Cilacap dan Gresik dan telah mencetak 5 bengkel wirausaha mandiri. Berawal dari Cilacap melalui Production Unit Cilacap, kini program ESP telah berhasil direplikasikan di Gresik melalui Production Unit Gresik dan kedepan diharapkan dapat mencetak lebih banyak lagi wirausaha bengkel.

ESP merupakan program. Dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat. Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Program ESP juga menjadi wadah para peserta untuk dapat memberikan inovasi dan ide segila-gilanya dalam hal pemasaran dan penjualan pelumas. Setelah magang, mereka akan ditantang untuk membuat sebuah perencanaan bisnis dan akan dituntut untuk mengasah ide dan kreativitas. Hal tersebut adalah untuk terus menumbukan semangat serta motivasi dalam bekerja dan menjadi mandiri.

Pertamina Lubricants juga telah menggandeng Home Industry di Cilacap untuk melakukan daur ulang drum bekas non B3 agar menjadi perabot seperti lemari, kursi, dan meja penuh kreativitas hingga menghasilkan nilai tambah. Perabot ini lalu digunakan di berbagai bengkel untuk kebutuhan masing-masing mekanik.

Program berkelanjutan ini diharapkan dapat menumbuhkan usaha perbengkelan di wilayah Cilacap menjadi lebih baik dan sejahtera dan juga turut membangun semangat jiwa muda Indonesia untuk terus bekerja keras dan bersemangat tinggi. Kedepannya, program ini akan dilanjutkan dan direplikasi ke wilayah pabrik PT Pertamina Lubricants lainnya yaitu Gresik dan Tanjung Priok. (pw)

LEAVE A REPLY