PLN Distribusi Jawa Barat Terus Perkuat Tim PDKB untuk Tingkatkan Pelayanan

0
534
Share on Facebook
Tweet on Twitter
foto PLN Disjabar

Depok, www.geoenergi.co.id – PLN memiliki “pasukan khusus” yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik atau dikenal dengan “Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan”, PDKB.

Sebanyak 18 tim PDKB dari 15 Area PLN se-Jawa Barat berkumpul di Depok melakukan Bakti PDKB-TM 2018. Kegiatan ini untuk meningkatkan konsolidasi dan kinerja 168 personil PDKB melalui pekerjaan serentak perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik di sejumlah titik yang telah ditentukan. Potensi jumlah listrik dalam satuan kilo Watt hour (kWh) yang terselamatkan dalam kegiatan ini mencapai 336.986,58 kWh atau setara dengan pendapatan senilai Rp 395.285.258.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana saat pelepasan Bakti PDKB mengatakan bahwa tujuan utama PDKB adalah agar pelanggan tetap dapat menikmati listrik tanpa pemadaman.

“Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi, peranan PDKB dapat menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan kontinuitas dan kecepatan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami pemadaman saat pemeliharaan,” ungkap Iwan.

Meski “pasukan khusus” PLN yang bekerja memelihara jaringan listrik tanpa memadamkan listrik ini sudah terlatih, namun keselamatan selalu menjadi perhatian paling utama.

“Memang menjadi personil PDKB itu tidak mudah, kita tetap memegang komitmen untuk Zero Accident (tidak boleh ada kecelakaan kerja), patuh pada SOP, Teamwork dan Profesionalisme. Kemudian adanya Bakti PDKB-TM ini untuk terus memperkuat komitmen itu.” pungkas Iwan .

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memberikan apresiasi atas kegiatan Bakti PDKB.

“Kami dari Pemerintah Kota Depok sangat berterimakasih kepada PLN telah menerjunkan tim khususnya untuk melakukan pemeliharaan jaringan listrik di kota Depok. Kami berharap dengan kualitas keandalan jaringan listrik yang bagus, dapat menunjang perekonomian maupun pembangunan di Kota Depok ini,” ujar Pradi.

Selama tahun 2017, melalui kegiatan pemeliharaan jaringan listrik tanpa harus melakukan pemadaman, jumlah kWh yang diselamatkan oleh tim PDKB-TM PLN Disjabar sebesar 46.850.663,20 kWh atau setara dengan nilai pendapatan Rp 48,5 Milyar.

Sedangkan di tahun 2018 ini hingga bulan April , jumlah kWh yang diselamatkan mencapai 12.623.770 kWh dan setara Rp. 13.622.909.739. Ditargetkan Tim PDKB-TM PLN DJB Tahun 2018 dapat menyelamatkan 31.759.512 kWh.

Sejak tahun 2016, PLN Distribusi Jawa Barat baru memiliki 1 regu Tim PDKB-TM Sentuh Langsung yang berada di Area Bandung. Pada kegiatan Bakti PDKB-TM tahun 2018, dijadikan momentum untuk meresmikan penambahan 2 tim PDKB-TM Sentuh Langsung di 2 Area yaitu Area Bogor dan Area Bekasi.

Tim PDKB-TM Sentuh Langsung merupakan tim yang dapat memperbaiki jaringan udara tegangan menengah (SUTM) dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, menggunakan sarana pendukung antara lain kendaraan crane yang berisolasi tahan 24.000 Volt untuk membawa petugas ke posisi mendekati jaringan, boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV; dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV.

Para personil yang teribat dalam pekerjaan ini harus menggunakan sleeve (pelindung/isolasi lengan) yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV. Kelebihan dari Tim PDKB-TM Sentuh Langsung adalah dapat bekerja 3 kali lebih cepat daripada Tim PDKB-TM dengan metode berjarak (menggunakan tongkat khusus dan tidak menyentuh langsung jaringan). (PLN/pam)

LEAVE A REPLY