Migas Masih Berkontribusi Signifikan bagi Bauran Energi di Indonesia

0
322
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Kepala Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus (foto: Humas SKK Migas)

Jakarta, www.geoenergi.co.id – Kepala Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus dalam acara Ngobrol @ Tempo dengan tema Masa Depan Hulu Migas Mencari Win-Win Solution untuk Mendorong Investasi Hulu Migas yang diadakan di Hotel Aryaduta, Jakarta, beberapa hari lalu menyampaikan bahwa migas masih berkontribusi signifikan bagi bauran energi (energy mix) di Indonesia, sekitar 40%.

“Masalah yang dihadapi saat ini adalah adanya gap antara produksi dengan kebutuhan dalam negeri. Salah satu masalah yang dihadapi terkait gap tersebut adalah lamanya proses dari penemuan ke produksi,” jelasnya.

Kemudian lanjut Taslim, proses bisnis dalam perizinan hulu migas memakan waktu yang tidak sebentar. Padahal potensi migas Indonesia masih besar. Masih ada 74 cekungan yang belum dieksplorasi. Beberapa struktur baru juga ditemukan di dekat Lapangan Tangguh.

“Jadi, kegiatan eksplorasi masih sangat mungkin dilakukan di Indonesia. Selain perizinan, masalah kita adalah data yang meliputi pengambilan, pengolahan, penyimpanan, terlebih pemanfaatan. Kita harus menyelesaikan dua hal ini untuk mendorong investasi,” pungkasnya. (pam)

LEAVE A REPLY